Takut Berutang? Kenali Dulu Utang Produktif di Artikel Ini

Kenali utang produktif

Utang tidak selalu memberikan dampak negatif bagi kondisi keuangan kita. Jika digunakan dengan bijak, utang bisa menghadirkan manfaat. Jika dilihat dari tujuan penggunaannya, utang atau kredit dibagi menjadi dua macam, yakni utang produktif dan utang konsumtif. Dengan kenali utang produktif dan memiliki fasilitas tersebut, kamu bisa mewujudkan aset bernilai tinggi yang sulit diwujudkan saat menabung, bisa menjalankan bisnis bermodal besar, hingga bisa membantu merealisasikan impian di masa depan.

Di lain sisi, kamu juga perlu mengenal utang konsumtif. Sebuah utang bisa menjadi jebakan finansial apabila berbunga tinggi dan kamu menggunakannya hanya untuk memenuhi keinginan konsumtif. Nah, agar kamu tidak terjebak pada utang yang bersifat konsumtif, mari kenali dulu utang produktif dan utang konsumtif berikut ini.

Tujuan penggunaan

Secara sederhana, utang dikategorikan sebagai utang produktif jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau needs. Sementara utang konsumtif ialah utang yang digunakan untuk keinginan atau wants.

Salah satu kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan utang produktif contohnya kebutuhan dana untuk melanjutkan studi demi mencapai profesi impian. Ketika kamu telah menyelesaikan studi tersebut dan bisa menduduki profesi impianmu, maka nilai kamu akan bertambah, serta berbanding linear dengan pendapatan yang akan kamu terima. Kalau kamu sedang mencari kredit untuk mencapai atau mendukung profesi impian, kamu bisa mempertimbangkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) PermataKTA dari PermataBank.

Dengan proses yang cepat dan bunga kompetitif, PermataKTA bisa membantumu memenuhi kebutuhan terkait profesi impian seperti kebutuhan dana ujian, biaya pendidikan, atau biaya penelitian.

Baca Juga: 6 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit Tanpa Utang Melilit

Jenis-jenis utang produktif dan utang konsumtif

Utang dikatakan sebagai utang produktif jika barang yang dibeli dapat mendatangkan penghasilan bagi penggunanya. Nilai aset pada utang ini selalu meningkat. Contohnya ialah Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk membeli motor atau mobil, yang bisa meningkatkan produktifitasmu, atau disewakan, atau digunakan untuk kendaraan niaga. Penghasilan dari sewa motor dan mobil bisa kamu putar kembali untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotormu.

Sementara, utang akan dikatakan utang konsumtif jika barang yang dibeli hanya sebatas memenuhi keinginan pribadi dan tidak mendatangkan penghasilan. Sebaliknya, utang tersebut malah mendatangkan kewajiban bagi kamu karena harus membayar bunga kredit. Contoh utang konsumtif ialah kredit tanpa agunan (KTA) untuk membiayai pernikahan, biaya liburan, dan utang kartu kredit untuk membeli gadget sesuai tren yang sebagian besar digunakan untuk bermain game dan menonton film, bukan untuk mendukung bisnis online shop atau email seputar pekerjaan., untuk biaya sosialisasi seperti nongkrong di kafe, sekedar untuk update foto di sosial media.

Baca Juga: 6 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit Tanpa Utang Melilit

Dengan melihat perbedaan di atas, semoga kini kamu semakin mengenali utang produktif dan utang konsumtif. Jika kamu sedang mempertimbangkan membeli mobil untuk meningkatkan produktifitasmu atau keperluan usaha, tak perlu bimbang. Sebab kini, kamu bisa mewujudkan mobil impian dengan fasilitas kredit.

Temukan promo kredit mobil dan motor terbaik dan layanan finansial pendukungnya di booth Astra Financial di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, yang berlangsung selama 18-28 Juli 2019 ini akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Astra Financialyang merupakan divisi layanan keuangan PT. Astra International Tbk yang memiliki misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, menjadi sponsor utama GIIAS 2019. Temukan booth Astra Financial di Hall 2 yang memberikan solusi finansial terbaiknya lewat ke-enam lembaga jasa keuangan (LJK) Astra Financial, yaitu PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF)FIFGROUPAsuransi Astra, dan Astra Life.

Baca Juga: Trik Meminimalisasi Besarnya Angsuran Bulanan Kredit Mobil

Promo kartu kredit

Di GIIAS 2019, kamu bisa dengan mudah mengajukan kartu kredit AstraWorld PermataCard dengan cara mengunjungi booth PermataBank di Hall 7. AstraWorld PermataCard merupakan kartu kredit untuk para #shopalogic, atau kamu yang hobi belanja namun tetap mempertimbangkan logika. Dengan memiliki AstraWorld PermataCard, kamu bisa memperoleh:

  • Cashback 10% di SPBU
  • Cashback hingga Rp500.000 untuk transaksi dengan aplikasi tertentu.

Promo kredit mobil

Dalam pameran ini pula, ACC dan TAF menyediakan promo kredit mobil berupa:

  • Bunga spesial 0% khusus untuk kredit bertenor setahun dan DP 25% yang dibayar di muka (ADDM)
  • Potongan Rp1 juta biaya admin

Jika kamu mengajukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mobil atau big bike selama pameran berlangsung, kamu akan berkesempatan memenangkan hadiah undian lucky dip berupa:

  • 4 iPhone XS
  • 10 iWatch
  • 900 toiletry bag
  • 400 mini car diffuser
  • 486 wallet
  • 900 travel bag

Lalu, bagi SPK yang disetujui dan melalui ACC atau TAF, kamu juga bisa bisa mendapatkan hadiah langsung car trunk.

Lindungi juga mobilmu dengan Asuransi Komprehensif Garda Oto dari Asuransi Astra, tersedia 150 Gift Set untuk pembeli produk ini secara tunai.

Promo kredit motor

Bagi kamu yang sedang mencari motor, FIFGROUP menyediakan promo kredit motor menarik sebagai berikut:

  • Bunga 0% untuk kredit bertenor setahun dan tidak termasuk big bike
  • DP mulai 20% yang berlaku hanya untuk Vario dan Beat Series
  • Hemat angsuran hingga Rp3,5 juta yang berlaku untuk kredit bertenor tiga tahun
  • Lucky draw berupa helm dan jaket limited edition

Untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa, Astra Life memberikan promo spesial berupa cashback dan customer rewards untuk pembelian asuransi jiwa murni FlexiLife atau asuransi investasi AVA iBright Protector. Bagi kamu yang membeli kendaraan dengan fasilitas kredit dari TAF dan TAC, kamu juga akan mendapatkan asuransi jiwa kredit dari Astra Life.

Yuk, saatnya cerdas dengan kenali utang produktif untuk mewujudkan impianmu.