6 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit Tanpa Utang Melilit

Tips gunakan kartu kredit

Siapa bilang punya kartu kredit justru bikin pusing? Kartu kredit sebenarnya memiliki segudang manfaat yang sangat memudahkanmu dalam bertransaksi.

Kartu kredit bisa membantumu dalam transaksi nontunai dan bisa dipakai untuk keperluan darurat seperti rumah sakit, bisa dipakai untuk membeli cicilan tiket pesawat untuk liburanmu bersama keluarga, hingga mendapatkan produk-produk dengan harga lebih murah.

Yang perlu diingat adalah kartu kredit bukanlah uang tambahan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakannya dengan bijak. Bagaimana caranya?

1. Tak melebihi batas kemampuan

Menggunakan kartu kredit sesuai kemampuan finansialmu sangat penting untuk dilakukan. Saat pertama kali kamu mengajukan kartu kredit, kamu perlu menetapkan budget maksimal yang untuk kartu kredit. Selain itu, penggunaan kartu kredit juga jangan sampai melampaui batas maksimal penghasilanmu.Ingat, kamu juga harus menabung, menyisihkan kebutuhan darurat, hingga membayar cicilan lain seperti rumah atau kendaraan bermotor.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga

2. Kartu kredit itu utang yang harus dibayar

Banyak yang keliru menganggap kartu kredit adalah uang tambahan. Padahal, kartu kredit sebenarnya ada hanya untuk membantu kemudahan bertransaksi layaknya kartu debet. Yang berbeda hanyalah kartu kredit dibayarkan di bulan berikutnya. Maka dari itu, kartu kredit harus dianggap sebagai utang yang harus dibayar supaya tagihanmu tak membengkak.

3. Cek secara berkala limit yang terpakai

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan dalam mengontrol penggunaan kartu kreditmu adalah dengan mengecek secara berkala tagihan sementara. Kamu bisa menghubungi call center bank yang mengeluarkan kartu kreditmu. Usahakan penggunaan kartu kreditmu tidak lebih dari 70 persen dari limit yang diberikan. Hal ini untuk menjaga keuanganmu tetap sehat.

Baca Juga: Tips Aman Menghimpun Dana Pensiun

4. Bayar lunas saat tagihan datang

Usahakan membayar lunas seluruh tagihan yang ada. Biasanya, pihak bank akan memberikan kemudahan dengan fasilitas pembayaran minimum senilai 10 persen dari tagihan. Namun, jika kamu hanya membayar senilai minimum tersebut, maka sisa tagihan nantinya dikenakan bunga. Jika terus-menerus, angkanya akan terus membengkak. Membayar lunas tagihan kartu kredit juga penting untuk menjaga cashflow keuanganmu.

Baca Juga: Trik Gaji Kecil Tapi Bisa Liburan Terus

5. Jangan boros

Salah satu keunggulan kartu kredit adalah banyaknya promo yang sangat menggiurkan dari merchant. Salah satu kunci dari penggunaan kartu kredit yang terkendali adalah dengan berusaha mengontrol nafsu belanja ketika melihat godaan diskon. Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhanmu dan rencana awal. Promo kartu kredit bisa kamu gunakan jika memang diperlukan atau sesuai dengan pos budget yang kamu siapkan. Misalnya, diskon bahan bakar minyak (BBM), diskon makan di restoran, dan lain-lain.

6. Jangan pindah tangankan kartu kredit

Terakhir, kamu perlu menjaga baik-baik kartu kreditmu, jangan sampai berpindah tangan. Pasalnya, kartu kreditmu nanti bisa disalahgunakan. Teliti setiap tagihan yang masuk, apakah sudah sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan sebelumnya. Jika ada transaksi yang tak pernah kamu lakukan, segera laporkan ke bank.

Dengan enam cara di atas, tentu kamu tak perlu khawatir lagi kan tentang penggunaan kartu kredit. Bijaklah menggunakan kartu kredit agar kamu bisa merasakan manfaat yang sebesar-besarnya.

Ada promo menarik yang jangan sampai kamu lewatkan! Selama event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Surabaya pada 15-23 September, apabila kamu membuka rekening PermataMe akan berkesempatan mendapatkan cash back berlimpah. Ada Cash Back 30% untuk ngopi dan nonton, ada Cash Back 20% untuk Belanja Online, dan ada Cash Back 10% untuk Transportasi Online.