Program CSR Astra Financial I Care, I Share Siap Dukung UKM di Tangerang Selatan

Program CSR Astra Financial I Care, I Share

BANTEN. Berbagai kegiatan menarik tak ada habisnya meramaikan booth utama Astra Financial di Hall 2 pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Banten sepanjang 18-28 Juli 2019. Salah satu kegiatan di booth utama Astra Financial ialah program corporate social responsibility (CSR) bertajuk “I Care, I Share”. Program ini merupakan wujud Astra Financial dukung UKM di Tangerang Selatan lewat program “I Care, I Share” di GIIAS 2019.

Program ini mengajak pengunjung untuk mengungkapkan tujuan finansial (financial goals) mereka. Setiap tujuan finansial yang masuk akan dikonversi dengan donasi yang akan disalurkan untuk pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sekaligus penyandang disabilitas di BSD City, Tangerang Selatan yang berdekatan dengan lokasi GIIAS 2019. Made Wahyuni, tim publikasi Astra Financial di GIIAS 2019 mengatakan, konsep “I Care, I Share” ini berangkat dari salah satu pilar CSR PT Astra International Tbk, yakni pilar kewirausahaan. Pilar ini bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat melalui peningkatan keterampilan wirausaha berbasis ekonomi kreatif.

Program CSR Astra Financial di GIIAS 2019
Layar LED yang nantinya akan bertuliskan financial goals dari para pengunjung booth Astra Financial di GIIAS 2019.

Karina Khoirunisaa, panitia dari Astra Financial pada GIIAS 2019 menambahkan, salah satu UKM yang akan menerima bantuan donasi dari program “I Care, I Share” ini ialah UKM yang bergerak di bidang car wash di BSD City. Kebetulan, UKM tersebut memiliki beberapa pekerja penyandang disabilitas. “Di daerah tersebut memang banyak pemuda tidak bekerja. Jadi kami berpikir, kenapa tidak kita bikin usaha yang memang berguna untuk mereka nantinya,” papar Karina, Sabtu (20/7).

Baca Juga: Beli Mobil dan Motor di GIIAS 2019 Jadi Mudah dengan Layanan Pembiayaan dari Astra Financial

Donasi ini kemudian akan disalurkan dalam bentuk renovasi perbaikan tempat cuci dan lantai, pembuatan ruang tamu, pembelian kompresor, pembelian pompa air, pembelian vacuum cleaner, pembelian mesin snow, pembelian material pelengkap pencucian seperti selang air, tempat air, tempat sampah, kanebo, spons, dan semir ban; pemasangan conblock, perbaikan pencahayaan, dan lain-lain. Dengan sejumlah bantuan ini, diharapkan usaha car wash di daerah tersebut pun dapat kembali bangkit.

Banyak yang ingin punya mobil baru dan rumah baru

Mulia Harso Wicaksono (32 tahun) termasuk salah satu pengunjung yang berpartisipasi di dalam kegiatan “I Care, I Share”. Menurutnya, konsep donasi ini merupakan ide yang menarik dalam menunjukkan kepedulian terhadap sesama. “Dengan begitu, saya secara tidak langsung ikut berdonasi,” kata Mulia. Ia sendiri mengaku, tujuan finansial yang ingin ia capai ialah kemajuan untuk dirinya sendiri serta bangsa.

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, juga mampir ke booth utama Astra Financial pada Jumat (19/7) dan berpartisipasi dalam kegiatan “I Care, I Share”.

Kaesang Pangarep di booth Astra Financial
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengunjungi booth utama Astra Financial pada Jumat (19/7) dan berpartisipasi dalam kegiatan “I Care, I Share”.

Irene Rianti, salah satu Astra Financial Angel yang memandu program “I Care, I Share” di booth utama Astra Financial mengatakan, untuk mengikuti program ini, pengunjung cukup memasukkan data berupa nama, nomor telepon, email, dan financial goals yang ingin dicapai. Kemudian, pengunjung akan diminta untuk melempar ketapel yang diumpamakan sebagai financial goals di tahun 2019 miliknya, dan mengarahkannya ke LED yang terdapat di booth utama Astra Financial. Nantinya, LED akan menampilkan financial goals dari pengunjung tersebut.

Kaesang Pangarep bermain di booth Astra Financial
Kaesang Pangarep diajak menuliskan financial goal dan dilontarkan ke giant screen yang akan dikonversikan dalam bentuk donasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Tangerang.

Baca Juga: Mampir ke Booth Astra Financial di GIIAS 2019, Dapatkan Bunga Spesial 0% dan 5 Keuntungan Lainnya

“Kebanyakan tujuan finansial pengunjung yang masuk ialah ingin punya mobil baru dan rumah baru. Namun ada juga yang berharap rakyat Indonesia lebih sejahtera dan negara lebih tenteram,” kata Irene. Kemudian, setelah memasukkan tujuan finansialnya, pengunjung yang akan memperoleh stiker sebagai tanda telah berpartisipasi. Ingin berpartisipasi mendukung UKM dan penyandang disabilitas? Mari, sambangi booth utama Astra Financial dan ikuti program “I Care, I Share”.