6 Tips Berburu Cicilan Kredit Mobil Lebih Murah di GIIAS Surabaya 2019

Astra Financial GIIAS Surabaya 2019

Buat kamu yang ingin membeli mobil dengan kredit, ada kabar gembira. Kamu bisa memperoleh penawaran kredit mobil terbaik di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019. Bertempat di Grand City Convex, perhelatan otomotif bergengsi ini berlangsung dari 29 Maret 2019 lalu sampai 7 April 2019 mendatang.

Di sini, kamu akan menemukan beragam penawaran kredit menarik dari enam perusahaan Astra Financial yang merupakan sponsor utama GIIAS Surabaya 2019. Astra Financial adalah sekumpulan lembaga jasa keuangan (LJK) milik PT Astra International Tbk, di mana enam di antaranya, menjadi sponsor utama GIIAS Surabaya 2019, yakni PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services  (TAF), Asuransi AstraFIFGROUP, dan Astra Life.

1. Datangi booth Astra Financial

Pertama-tama, kamu bisa mengunjungi booth utama Astra Financial yang berada di SP4 dan SP5 dan booth J. Di sana, para Astra Financial Angels akan menerangkan sejumlah promo yang ditawarkan selama GIIAS Surabaya 2019 berlangsung. Dengan sederet promo ini, cicilan kredit yang perlu kamu bayar akan lebih murah.

ACC dan TAF misalnya, menawarkan bunga pinjaman sebesar 4,15%. Bunga yang ditawarkan ini sangat menarik karena lebih rendah daripada bunga kredit pembelian mobil yang saat ini biasanya berlaku, yaitu di atas 5%. Terdapat pula potongan biaya administrasi hingga Rp500.000 untuk tiap permohonan pinjaman yang disetujui. Calon pembeli juga berpeluang menghemat angsuran hingga Rp3 juta per bulan.

Selain itu, juga ada paket hemat angsuran hingga Rp3,5 juta untuk pembiayaan big bike alias motor besar melalui FIFGROUP. Tak berhenti sampai di situ. Bagi 100 pembeli pertama, akan mendapatkan 1 buah gift set untuk pembelian tunai Asuransi Comprehensive Garda Oto dari Asuransi Astra, bonus tunai setiap tiga tahun, dan cashback hingga 20% dengan membeli asuransi jiwa persembahan dari Astra Life di ilovelife.co.id. Ditambah lagi ada program cashback hingga 30% untuk ngopi, belanja online, juga transportasi online kalau kamu buka rekening PermataME dari PermataBank. Tak cuma itu, ada juga program cashback 10% setiap hari untuk isi bensin di SPBU mana saja serta cashback 5% di supermarket, toko online, dan transportasi online dengan menggunakan PermataTabungan Bebas dari PermataBank.

Baca Juga: Ingin Kredit Mobil? Kenali Kelebihan dan Kekurangan DP Tunai vs Menyicil

2. Pilih mobil baru sesuai kebutuhan

Setelah menyimak tawaran kredit menarik persembahan dari Astra Financial, kini saatnya Anda mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda di GIIAS Surabaya 2019. Sebab di pameran ini, agen tunggal pemegang merek (ATPM) menampilkan line up produk terbaru mereka.

Dalam memilih mobil, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Misalnya, apa yang kamu cari dari mobil baru yang akan dibeli? Apakah kamu mencari mobil yang akan bisa membawa keluarga jalan-jalan dengan nyaman? Apakah kamu mencari mobil bergengsi yang dapat mengangkat reputasi di depan kolega dan rekan bisnis? Atau, mungkin kamu sedang mencari mobil yang cocok dengan gaya hidup sporty?

Astra Financial GIIAS Surabaya 2019

3. Sesuaikan mobil yang hendak dibeli dengan kemampuan finansial

Lalu, perhatikan pula kemampuan finansial atau bujet yang tersedia untuk membeli mobil incaran tersebut. Bujet ini otomatis akan mempersempit lagi ragam mobil yang akan kamu beli.

Jika kamu berencana membeli mobil dengan cara kredit, perhatikan saldo di rekening tabungan yang akan digunakan sebagai uang muka atau down payment (DP). Kemudian bandingkan dengan harga mobil yang diincar. Umumnya, lembaga pembiayaan atau bank yang menyediakan kredit kendaraan bermotor (KKB) akan mensyaratkan DP minimal 20% dari harga mobil. Jika uang yang kamu miliki mencukupi persyaratan tersebut, artinya mobil impian masih masuk dalam bujet.

Baca Juga: Cara Mudah Mengajukan Kredit Mobil Melalui ACC

4. Siapkan down payment lebih dari ketentuan minimal

Setelah itu, saatnya menyiapkan DP. Meskipun ketentuan Bank Indonesia mensyaratkan minimal DP kredit mobil sebesar 20%, namun akan lebih baik jika kamu dapat menyiapkan DP lebih besar dari ketentuan tersebut. Ini berguna agar cicilan yang perlu kamu bayar setiap bulan lebih ringan.

Oh ya. Selain DP, kamu juga perlu menyiapkan beberapa biaya lainnya seperti angsuran bulan pertama, premi asuransi, dan biaya administrasi. Nah, seluruh komponen tersebut besar-kecilnya sangat bervariasi. Kamu bisa menanyakan hal itu pada masing-masing sales lembaga pembiayaan dan bank yang menawarkan KKB.

Baca Juga: Pilih Asuransi TLO atau Komprehensif? Kenali Dulu Plus Minusnya

5. Pilih asuransi mobil terpercaya

Yang tak kalah penting juga ketika membeli mobil secara kredit ialah melindungi mobil dari risiko pengeluaran yang tinggi akibat kecelakaan. Kamu tidak mau kan, pengeluaran bertambah karena harus membetulkan mobil? Padahal di saat yang sama, cicilan mobil juga belum lunas.

Biar pikiran tenang, kamu perlu melindungi mobil dengan asuransi mobil dari perusahaan asuransi terpercaya. Salah satu asuransi mobil yang bisa kamu pertimbangkan ialah Asuransi Comprehensive Garda Oto dari Asuransi Astra.

6. Lakukan simulasi cicilan

Sekarang, saatnya lakukan simulasi yang perlu dibayar setiap bulan bersama sales kredit mobil yang kamu incar. Dalam simulasi ini, kamu bisa memperkirakan sisa kredit setelah mengurangi harga mobil dengan DP dan biaya-biaya. Masukkan tenor kredit untuk mengetahui jumlah cicilan yang perlu dibayar setiap bulan. Masa tenor ini juga menentukan total kredit yang akan dibayar pada bank atau lembaga pembiayaan (leasing).

Semakin lama tenor yang kamu pilih, cicilan setiap bulan memang terlihat murah dan ringan. Namun, nilai total kredit yang perlu kamu bayar di akhir periode kredit sebenarnya semakin besar. Ketika memilih tenor dan cicilan yang perlu dibayar setiap bulan, pastikan cicilan tersebut tidak lebih dari 30% penghasilan agar kondisi finansialmu tetap aman.

Bagaimana, siap berburu mobil dan kredit mobil terbaik? Yuk, segera sambangi GIIAS Surabaya 2019. Good luck, ya!