Ingin Kredit Mobil? Kenali Kelebihan dan Kekurangan DP Tunai vs Menyicil

GIIAS Surabaya 2019

Impianmu memiliki mobil kini semakin mudah terwujud. Dulu, umumnya kamu perlu mengumpulkan sejumlah uang dalam jumlah besar sebagai down payment (DP) ketika mengajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) dari perbankan atau lembaga pembiayaan (leasing). Biasanya DP ini berkisar minimal 20% dari harga mobil. Beberapa lembaga pembiayaan yang menawarkan kredit mobil dengan DP tunai antara lain Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services  (TAF).

Namun kini, kamu bisa lebih mudah mengajukan kredit mobil dengan cara menyicil DP. Ada dua cara yang bisa kamu tempuh agar bisa menyicil DP. Pertama, beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) memang menawarkan program cicilan DP kredit mobil hingga lima atau enam kali. Atau cara kedua, ialah dengan meminjam uang DP pada pihak lain, misalnya teman, kerabat, atau mengambil pinjaman ke lembaga keuangan seperti misalnya PermataBank. Dengan cara menyicil DP, kamu yang belum punya uang dalam jumlah banyak, tetap dapat mengambil kredit mobil.

Kira-kira, mana yang menjadi pilihanmu? Sebelum menentukan membayar DP secara tunai atau menyicil, ada baiknya kamu mengintip kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan tersebut.

Membayar down payment secara tunai

Pada saat pertama kali mengambil kredit mobil, kamu perlu menyiapkan DP. Selain DP, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah biaya seperti biaya administrasi, biaya asuransi, dan cicilan kredit bulan pertama.

Khusus untuk kamu warga Surabaya dan sekitarnya, kamu bisa mengunjungi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019. Sebab di pameran ini, lembaga keuangan yang tergabung dalam Astra Financial selaku sponsor utama akan menawarkan layanan finansial menarik. Seperti kredit mobil dari ACC dan TAF misalnya, menawarkan bunga super ringan sebesar 4,15% dan potongan biaya administrasi sebesar Rp500.000.

Kamu juga bisa mendapatkan produk asuransi yang pas di pameran ini. Ada dua macam asuransi yang perlu kamu miliki ketika mengambil kredit mobil, yakni asuransi jiwa kredit dan asuransi mobil. Untuk asuransi kendaraan terpercaya, kamu bisa mengambil Garda Oto dari Asuransi Astra. Jangan lupa, kamu juga berkesempatan mendapatkan 1 buah gift set untuk pembelian tunai Asuransi Comprehensive Garda Oto dari Asuransi Astra bagi 100 pembeli pertama.

Seluruh DP dan biaya lain-lain yang harus dibayarkan ketika pertama kali mengambil kredit mobil ini disebut total down payment (TDP). Jika kamu memilih membayar DP dan biaya lain-lain tersebut secara tunai, kekurangannya ialah:

1. Kamu perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar ketika mengajukan kredit mobil. Meski perbankan atau leasing mensyaratkan DP minimal 20%, namun alangkah baiknya jika kamu bisa menyediakan DP lebih dari yang syarat minimal. Karena dengan menyediakan DP lebih besar, maka sisa pokok utang yang perlu kamu cicil setiap bulan akan lebih ringan.

2. Harga mobil cenderung meningkat setiap tahun. Maka, semakin lama kamu mengumpulkan DP, semakin mahal harga mobil yang ingin dibeli. Jadi, kamu perlu menjadikan DP sebagai prioritas agar cepat terkumpul. Jika kamu sudah meletakkan DP mobil sebagai prioritas, kami bisa termotivasi mengendalikan pengeluaran, pintar-pintar berhemat, serta menyimpan bonus dan penghasilan tambahan untuk keperluan DP.

Baca Juga: 6 Tips Berburu Cicilan Kredit Mobil Lebih Murah di GIIAS Surabaya 2019

Terlepas dari kekurangan di atas, ada juga kelebihan membayar DP tunai yang bisa kamu dapatkan:

1. Cicilan lebih ringan. Jika kamu telah membayar sebagian harga mobil di awal sebagai DP, maka sisa utang yang perlu kamu cicil setiap bulan lebih ringan. Dengan demikian, kamu masih bisa menggunakan sebagian penghasilan untuk menabung atau keperluan lainnya.

2. Kemungkinan lunas lebih besar. Karena sebagian besar harga mobil sudah dibayar sebagai DP, maka kesempatanmu melunasi mobil lebih besar ketimbang menyicil DP.

3. Total kredit lebih kecil. DP tunai akan membantumu menyelesaikan kredit dengan tenor lebih singkat. Ketika tenor lebih singkat, maka total kredit yang perlu dibayar ke bank atau leasing lebih kecil. Misalnya, jika kamu mengambil kredit mobil dengan tenor setahun, maka total kredit yang perlu kamu bayar ke bank atau leasing ialah Rp120 juta. Berbeda halnya jika tenor kredit diperpanjang menjadi empat tahun, maka total kredit yang perlu dibayar ke bank atau leasing adalah Rp130 juta. Lumayan, kan, perbedaannya? Perbedaan ini disebabkan karena adanya biaya bunga, biaya administrasi, dan biaya asuransi.

 

Astra Financial GIIAS Surabaya 2019

Baca Juga: Apa Saja Persyaratan Pengajuan Kredit Mobil yang Harus Dipersiapkan?

Membayar down payment dengan menyicil

Membayar DP dengan menyicil menjadi pilihan bagi nasabah, terutama yang memiliki penghasilan pas-pasan tapi ingin memiliki mobil. Strategi menyicil DP ini memang menarik, tapi punya beberapa kekurangan, yakni:

1. Cicilan membengkak. Program menyicil DP lima kali atau enam kali yang ditawarkan oleh ATPM mungkin bikin kamu tidak perlu menyiapkan uang besar di awal. Namun dampaknya, cicilan yang perlu kamu bayar selama lima atau enam bulan pertama membengkak. Karena di waktu tersebut, kamu perlu membayar cicilan kredit bulanan dan cicilan DP.

2. Berpotensi mengganggu finansial. Karena cicilan di enam bulan pertama membengkak, boleh jadi rasio antara utang dan penghasilanmu di periode ini melebihi 30%. Padahal, kunci finansial yang sehat ialah menjaga rasio utang agar tidak lebih dari 30% penghasilan.

3. Kredit berpotensi macet. Karena jumlah utang yang harus dibayar di bulan-bulan awal membengkak, potensi kredit macet juga lebih tinggi. Untuk menghindari ini, pastikan cicilan yang harus kamu bayar setiap bulan sesuai dengan kemampuan dompet.

4. Terjerat utang tambahan. Jika kamu berencana meminjam uang ke saudara atau teman untuk menutup DP, sebaiknya pikirkan ulang. Karena, memiliki utang dalam jumlah besar dalam waktu bersamaan akan mengganggu kelancaran cash flow atau arus kas kamu. Jika tidak bisa mengelola utang dengan baik, bisa-bisa kamu tidak dapat menutup kebutuhan hidup lain atau tabungan untuk masa depan yang juga penting.

5. Terjebak dalam bunga kredit yang selangit. Begitu pula jika kamu berencana mengambil kredit dari lembaga keuangan lain untuk menutup DP, sebaiknya berpikir masak-masak. Karena, kredit dari lembaga keuangan akan mengenakan bunga yang relatif tinggi, mulai dari 12% per tahun. Jika kamu gagal membayar cicilan, maka bunga ini akan terakumulasi di bulan-bulan berikutnya dan itu akan menjadi bencana finansial.

Baca Juga: Trik Meminimalisasi Besarnya Angsuran Bulanan Kredit Mobil

Tapi keputusan menyicil DP juga memiliki beberapa kelebihan:

1. Tidak perlu menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar di awal. Karena kamu bisa menyicilnya saban bulan. Dan juga, bagi kamu yang memasukkan surat pemesanan kendaraan (SPK) saat GIIAS Surabaya 2019 berlangsung, ACC dan TAF menyediakan hadiah langsung serta penawaran hemat angsuran sebesar Rp1,5 juta-Rp3 juta. Dengan promo ini, maka cicilan yang harus kamu siapkan setiap bulan lebih ringan.

2. Bisa menghindari kenaikan harga mobil. Karena kamu bisa membeli mobil saat ini juga dengan program cicilan DP.

3. Produktivitas bertambah. Jika mobil adalah penunjang pekerjaanmu, maka dengan kehadiran mobil, produktivitasmu akan bertambah. Dengan begitu, kondisi finansialmu juga akan lebih sehat.

 


Kunjungi GIIAS Surabaya 2019 dan dapatkan promo kredit mobil menarik

Dengan pertimbangan di atas, semoga kamu semakin mantap menentukan pilihan antara membayar DP secara tunai atau menyicil. Jika saat ini kamu sedang mencari mobil dan kredit mobil yang pas, saatnya berburu di pameran GIIAS Surabaya 2019. Pameran yang digelar di Grand City Convex, Surabaya ini berlangsung dari 29 Maret 2019 sampai 7 April 2019.

Pameran otomotif ini menampilkan berbagai mobil keluaran terbaru dari ATPM dan berbagai solusi keuangan menarik dari enam lembaga jasa keuangan (LJK) Astra Financial sebagai sponsor utama GIIAS Surabaya 2019. Astra Financial merupakan perusahaan-perusahaan penyedia jasa keuangan yang bernaung di bawah PT Astra International Tbk. Terdapat enam LJK Astra Financial yang menjadi sponsor utama GIIAS Surabaya 2019 antara lain PermataBankACCTAFAsuransi AstraFIFGROUP, dan Astra Life.

Selain bisa mendapatkan penawaran menarik untuk kredit mobil, asuransi mobil, dan asuransi jiwa, kamu juga bisa memperoleh promo kredit motor terbaik dari FIFGROUP. Kali ini, FIFGROUP memberikan paket hemat angsuran hingga Rp3,5 juta. Ada pula special promo lucky deals, lucky draw berupa TV LED dan kulkas, serta direct gift berupa helm dan jaket keren.

Tunggu apa lagi? Saatnya kunjungi GIIAS Surabaya 2019 dan temukan kredit mobil terbaik persembahan dari Astra Financial.

Caption foto: Suasana booth Astra Financial di GIIAS Surabaya 2019 yang bertempat di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (24/3).