Pilih Asuransi TLO atau Komprehensif? Kenali Dulu Plus Minusnya

Asuransi mobil total loss

Bagi pembeli mobil pertama, ragam jenis asuransi kendaraan mungkin masih terdengar asing. Setidaknya ada dua jenis asuransi kendaraan yang kerap ditawarkan kepada para pembeli yakni Total Loss Only (TLO) atau komprehensif. Jika kamu membeli mobil secara kredit, biasanya paket asuransi sudah termasuk di dalam cicilan yang dibayar tiap bulan.

Kedua jenis asuransi ini memberikan tawaran perlindungan yang berbeda. Maka, untuk memilihnya, akan dikembalikan kepada pembeli apakah ingin asuransi yang ekonomis atau fungsional. Apabila ingin mengombinasikan kedua jenis asuransi itu, bisa juga.

Maka dari itu, lebih baik jika kita tahu lebih dulu apa itu asuransi TLO dan asuransi komprehensif serta keuntungannya.

Baca Juga: Persyaratan Kredit Mobil Yang Harus Dipersiapkan

1. Asuransi TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah asuransi mobil yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen. Nilai kerusakan itu menunjukkan bahwa kondisi kendaraan memang betul-betul yang tak bisa lagi digunakan. Pihak asuransi yang nantinya akan mengganti seluruh biaya perbaikan kendaraanmu hingga kembali seperti semula.

Namun, apabila tingkat kerusakan ternyata masih di bawah 75 persen, maka klaim asuransi kamu pasti ditolak. Selain menanggung biaya ganti rugi kerusakan, asuransi TLO ini juga menanggung kehilangan kendaraan akibat pencurian. Lantaran dua fungsinya ini, maka premi asuransi TLO bisa lebih kecil dibandingkan asuransi komprehensif. Nilai premi yang ditetapkan biasanya 1 persen dari harga kendaraan yang kamu beli. Tipe asuransi ini untuk disarankan untuk mobil dengan frekuensi penggunaan rendah atau berada di kawasan dengan tingkat kriminalitas tinggi.

Baca Juga: Cari Tahu Fitur Keamanan Berkendara

2. Asuransi Komprehensif

Sesuai namanya, asuransi komprehensif menanggung lebih banyak jenis kerusakan mulai dari ringan hingga berat. Jenis asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi/ biaya perbaikan jika kendaraan mengalami kehilangan/ kerusakan sebagian maupun total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis. Misalnya, tabrakan, tergores, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, atau kebakaran.

Lantaran segudang manfaatnya itu, nilai premi untuk asuransi komprehensif cukup tinggi dibandingkan TLO. Namun, jika kamu menginginkan fungsi perlindungan yang terbaik, asuransi komprehensif bisa menjadi pilihannya. Asuransi tipe ini disarankan untuk mobil dengan frekuensi pemakaian tinggi, potensi mengalami kerugian cukup tinggi, dan nilai pertanggungan tinggi sehingga kerusakaan kecil biasanya butuh biaya yang besar.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Kendaraan Lewat Pembiayaan

3. Campuran

Tipe asuransi yang ketiga adalah campuran. Apa maksudnya? Jika kamu ingin menekan tingginya premi tapi juga tak mau ketinggalan manfaat dari asuransi kendaraan bermotor ini maka kamu bisa mengombinasikan penggunaan asuransi TLO ataupun komprehensif. Biasanya, tenaga penjual akan menawarkanmu dengan rincian simulasi premi yang ada. Asuransi komprehensif misalnya, bisa digunakan pada tahun pertama. Sementara tahun-tahun berikutnya menggunakan asuransi TLO.

***
Penjelasan di atas semoga bisa membantu kamu untuk memilih asuransi yang dibutuhkan ya. Untuk pilihan asuransi kendaraan bermotor, kamu bisa mengandalkan Garda Oto karena proses klaim yang mudah hingga banyak bonus yang ditawarkan.

Khusus selama acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Asuransi Garda Oto, akan memberikan gratis perluasan perlindungan Tunjangan Pihak Ketiga senilai Rp25 juta untuk tenor 1 hingga 4 tahun.