Menengok Mobil Masa Depan Ramah Lingkungan Toyota di GIIAS 2018

mobil konsep Toyota di GIIAS 2018

Kebutuhan akan kendaraan ramah lingkungan menjadi tantangan bagi pelaku industri otomotif di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018. Bahkan, saat membuka GIIAS 2018, Presiden Joko Widodo menyebut semakin meluasnya fenomena mobil listrik sebagai tantangan nomor satu.

Para pelaku industri otomotif seakan mejawabnya di GIIAS 2018. Berbagai produk kendaraan ramah lingkungan dipamerkan meski baru sebatas mobil konsep. Begitu juga dengan Toyota. Pada GIIAS 2018, Toyota menampilkan lima kendaraan eletrifikasi. Bahkan, mobil-mobil tersebut disajikan lewat display unit special exhibit.

Lima mobil tersebut adalah Toyota Concept i-series yaitu Concept-i, i-Ride, dan i-Walk; Toyota Prius Plug-In Hybrid EV; dan Toyota Mirai Fuel Cell EV yang sempat menyedot perhatian Presiden Jokowi. “Toyota optimis melalui teknologi yang sudah dan akan dikembangkan, industri otomotif mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan dan membangun lingkungan hidup yang lebih baik di masa datang,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, 3 Agustus 2018.

Baca Juga: Mobil Sport Masa Depan BMW i8 Roadster

Mobil Toyota Concept i-series pertama adalah Concept-1. Toyota membawa konsep pengembangan mobil yang memberikan kebebasan dan kepuasan bagi pemiliknya. Fungsinya meluas, tidak hanya berhenti sebagai sarana transportasi. Toyota mengembangkan teknologi artificial inteligent (AI) yang dapat mengenali emosi dan preferensi sehingga pengemudi mendapat perlindungan yang optimal. Mobil ini bisa secara otomatis merespons dan mengarahkan pengemudinya. Eksteriornya juga tak kalah futuristik. Punya panjang 4.150 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1,475 mm, mobil ini bisa menampung 4 orang dan punya wheel base 2.700 mm. Kendaraan Concept-I punya rentang jelajah sampai 300 km dengan roda penggerak bermode EV.

Toyota i-rideToyota i-Ride

Sedangkan dua mobil Concept-I series yang bisa dilihat pengunjung GIIAS 2018 adalah i-Ride dan i-Walk. Toyota Concept i-Ride dibuat sebagai kendaraan perkotaan dengan dimensi yang kompak. Kapasitasnya hanya untuk 2 orang dengan dimensi 2.500 mm, lebar 1.300 mm, dan tinggi 1.500 mm. Mobil ini mampu menempuh sekitar 100 km. Adapun i-Walk adalah mobil untuk perseorangan (personal mobility) dengan rentang jelajah 10-20 km.

Prius PHEVToyota Prius PHEV

Mobil elektrifikasi Toyota lainnya adalah Prius PHEV. Mobil hibrida ini mempunyai jangkauan jelajah EV mode sampai 68,2 km. Tingkat efisiensinya sangat baik lantaran memakai material ringan seperti Carbon-reinforced Plastic (CFRP) di pintu bagasi belakang. Bukan hanya daya jelajahnya yang unggul dibanding rata-rata mobil hibrid, kecepatannya pun bisa digeber hingga 135 km per jam. Keunggulan lain ada pada kecepatan mengisi baterai. Hanya butuh 20 menit untuk mengisi baterai hingga kapasitas 80 persen. Baterainya pun bisa diisi ulang di kantor, rumah, atau lokasi tertentu.

Baca Juga: Alokasi Budget Saat Beli Mobil Baru

Mobil elektrifikasi Toyota yang sempat dihampiri Jokowi saat pembukaan GIIAS 2018 adalah Toyota Mirai FCEV. Mobil ini dilengkapi teknologi yang bebas emisi CO2 (zero emission). Bahan bakarnya hidrogen. Teknologi Fuel Cell membuatnya hanya mengeluarkan uap air. Walhasil, udara lebih bersih dan bebas polusi.

Toyota Mirai diluncurkan 2014 dan sudah dipasarkan di 11 negara termasuk Jepang. Sebanyak 6.500 unit sudah terjual di seantero dunia.

Toyota memiliki program rencana jangka panjang untuk berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan lewat Toyota Enviromental Challenge 2050 yang dicanangkan 2015. Program tersebut disusun Toyota guna menjawab 6 masalah lingkungan hidup seperti perubahan iklim, ancaman kekurangan air, hingga hilangnya keanekaragaman hayati. Bentuk dari Toyota Enviromental Challenge 2050 muncul dari kendaraan elektrifikasi yang dipamerkan di GIIAS.

“Melalui kehadiran kendaraan special exhibit ini, kami ingin menginformasikan sekaligus memberikan wawasan kepada masyarakat tentang kendaraan elektrifikasi yang akan menjadi sarana transportasi untuk mendukung mobilitas masyarakat di masa depan yang ramah lingkungan,” ujar Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Selain melihat-lihat deretan kendaraan elektrifikasi Toyota di GIIAS, pengunjung bisa menjajal mengendarai mobil hibrid Toyota New Alphard Hybrid Electric Vehicle. Apabila kecepatan 0-40 kilometer per jam, mobil ini menggunakan tenaga listrik. Sedangkan jika kecepatannya di atas 40 km per jam, mobil ini menggunakan bensin.

Selain kendaraan elektifikasi, pengunjung GIIAS 2018 bisa melihat mobil balap dari Toyota Team Indonesia (TTI). Ada empat mobil balap berwarna putih merah yang dipamerkan yaitu Toyota Fortuner, Toyota Agya, Toyota Yaris, dan Toyota 86.

Pengunjung yang berminat membeli mobil di GIIAS 2018 juga diberikan potongan harga hingga Rp23 juta.