Berkenalan dengan Mobil Sport Masa Depan BMW i8 Roadster

BMW i8 di GIIAS 2018

Jakarta – BMW Group Indonesia turut meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. Dalam pameran ini, BMW Group Pavilion yang terletak di Nusantara Hall memamerkan 19 model kendaraan BMW dan 7 model kendaraan MINI.

BMW Group Indonesia memanfaatkan momen GIIAS 2018 untuk unjuk gigi dalam hal teknologi dan inovasi dengan meluncurkan mobil konsep BMW i8 Roadster. Menurut Jodie O’tania, vice president corporate communications BMW Group Indonesia, BMW i8 Roadster merupakan sports car paling progresif dan merupakan ikon desain saat ini. “Proses produksi BMW i8 Roadster dari awal hingga akhir mengadopsi prinsip berkelanjutan dengan menggunakan tenaga air dan angin. Bahan-bahan yang digunakan juga dapat didaur ulang,” ujar Jodie, Senin (6/8).

Di Indonesia sendiri, BMW i8 diluncurkan pada GIIAS 2016. First-Ever BMW i8 Roadster yang memiliki atap terbuka ini ditawarkan seharga Rp 3,9 miliar off the road dan sudah mulai tersedia di semua diler resmi BMW i mulai Agustus 2018. Jodie menerangkan, BMW i merupakan sub-brand BMW yang diperkenalkan sejak tahun 2011. BMW i merupakan kendaraan rendah emisi dan menaungi semua kendaraan listrik BMW, termasuk plug-in-hybrid. Hingga akhir 2017, BMW Group telah mengirimkan lebih dari 200.000 kendaraan listrik ke seluruh dunia.

BMW i8 memiliki beberapa kelebihan antara lain menggabungkan sistem plug-in hybrid, kabin penumpang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan rangka aluminium untuk mesin dan motor listrik, baterai, dan suspensi. Dampaknya, mobil sport ini terasa ringan, elegan, dan efisien.

Di samping BMW i8 Roadster, BMW Group Indonesia juga memamerkan beragam mobil BMW dalam pameran GIIAS 2018. Beragam mobil ini berasal dari segmen sedan, sport activity vehicle (SAV), touring, hingga gran turismo. Beberapa di antara mobil BMW yang dipamerkan tersebut merupakan mobil listrik. Menurut Jodie, kehadiran kendaraan listrik berkaitan erat dengan perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang sangat pesat sehingga muncul regulasi seputar emisi pada tahun 1957. Itu sebabnya pada tahun 1972, BMW memperkenalkan kendaraan listrik. “Dengan kata lain, BMW sudah berpengalaman memproduksi kendaraan listrik selama lebih dari 45 tahun,” ujar Jodie.

Ini dia 3 varian BMW yang memikat pengunjung

Antusiasme pengunjung di stand BMW Group Indonesia dalam pameran GIIAS 2018 tidak sebatas pada BMW i8 Roadster saja, melainkan produk-produk unggulan BMW lainnya. Freddy, salah seorang tim penjualan BMW Group Indonesia yang ditemui saat pameran mengatakan, antusiasme pengunjung akan mobil-mobil yang dipamerkan oleh BMW sangat tinggi sejak pameran dimulai.

Setidaknya ada tiga model BMW yang menarik minat pengunjung dalam GIIAS 2018, yakni BMW 320i Luxury, BMW X1, dan BMW X3. BMW 320i Luxury merupakan sedan dengan tipe transmisi otomatis dan mesin bensin berkapasitas 2.000cc/4-silinder. Menurut Freddy, BMW 320i Luxury memiliki teknologi yang lebih unggul dibandingkan kompetitor di kelasnya. Karena, varian sedan ini didukung oleh memori hard drive 20GB, menerapkan BMW Navigation System Professional, serta memiliki lampu LED pada fog lights dan headlights. BMW 320i Luxury dilego seharga Rp815 juta on the road.

BMW 320i Luxury GIIAS 2018BMW 320i Luxury di GIIAS 2018

Sementara BMW X1 merupakan mobil SAV dengan mesin bensin berkapasitas 1.500cc/3-silinder yang menggunakan sistem transmisi kopling ganda atau dual cluth transmission. “Kalau orang menggunakan BMW X1 di daerah Jakarta, terutama yang macet, maka BMW X1 bisa memberikan penawaran menarik karena mobil ini berkapasitas 1.500cc. Jadi, konsumsi bahan bakar lebih efisien,” ujar Freddy, akhir pekan lalu. BMW X1 ditawarkan dengan harga Rp682 juta on the road.

Adapun BMW X3 merupakan all new dan menerapkan teknologi yang terdapat di BMW Seri 7. Mobil ini berkapasitas mesin 2.000cc/4-silinder. Mobil ini menerapkan 12” Control Display, BMW gesture and touch control, dan digital speedometer. BMW X3 ditawarkan dengan harga Rp1,126 miliar on the road.

Menurut Jodie, BMW Seri 3 dan BMW X1 memang merupakan kendaraan favorit pelanggan di Indonesia. “BMW Seri 3 memang sangat erat kaitannya dengan brand BMW yang sporty, dinamis dan nyaman untuk digunakan di kota Jakarta,” ujar Jodie. Sedangkan BMW X1 merupakan entry-level dari kendaraan SAV BMW. Adapun BMW X3, merupakan kendaraan BMW SAV terbaru yang diluncurkan pada bulan April lalu, sehingga tak heran varian ini mendapatkan perhatian khusus dari para pengunjung.