5 Mitos Seputar Asuransi Yang Keliru Ini Perlu Kamu Ketahui!

mitos salah seputar asuransi

Bisnis asuransi menjamur akibat banyaknya permintaan dari masyarakat. Ragamnya pun bermacam-macam. Namun, masih ada juga masyarakat yang tak percaya dengan asuransi. Mereka beranggapan bahwa semua hal berlangsung lancar dan sesuai yang diharapkan sehingga tak butuh asuransi. Anggapan ini adalah satu dari lima mitos yang keliru seputar asuransi.

Nah, mitos-mitos ini yang akhirnya menutup kebaikan dari manfaat proteksi yang diberikan asuransi. Apa saja kelima mitos seputar asuransi yang keliru itu?

1. Masih muda dan lajang, tak butuh asuransi

Merasa masih muda dan lajang sehingga tak butuh asuransi adalah anggapan yang keliru. Kita tak pernah tahu kapan kejadian-kejadian tak terduga datang. Mereka selalu datang tanpa pemberitahuan misalnya sakit, kecelakaan, mobil rusak, hingga kebakaran rumah. Maka dari itu, asuransi hadir memberikan fungsi proteksi atas kejadian-kejadian tak terduga itu.

BACA JUGA: Cara Memilih Asuransi Yang Tepat

2. Asuransi itu menipu

Beberapa orang merasa asuransi itu tak berguna dan justru merugikan. Nah, coba cek dulu apakah kamu sudah memilih asuransi yang tepat dan terpercaya. Pilihlah asuransi yang sesuai kebutuhanmu sehingga manfaatnya akan bisa terasa langsung. Misalnya jika kamu selalu mengendarai mobil, ada baiknya asuransi kendaraan bermotor yang kamu pilih, demikian juga asuransi kesehatan.

Selain itu, kamu juga harus pintar memilih asuransi yang memang benar-benar terpercaya. Salah satu cara mudahnya adalah perusahaan itu terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tidak perlu khawatir lagi, perusahaan tersebut aman atau tidak.

3. Merasa sehat dan tak perlu asuransi

Banyak orang merasa tak butuh asuransi di saat kondisi tubuh sedang prima. Memang dalam kondisi tubuh seperti itu, kita merasa bisa mengerjakan semuanya tanpa bantuan asuransi. Nah lagi-lagi, penyakit datang tanpa peringatan.

Maka dari itu, asuransi kesehatan hadir memberikan solusi bagi kamu agar tak lagi khawatir masalah biaya perawatan mana kala jatuh sakit. Asuransi kesehatan nantinya akan menanggung biaya tindakan perawatan, biaya obat, hingga jasa konsultasi dokter.

Ada kabar baik jika kamu berniat untuk mendaftar asuransi kesehatan. Di perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada 2-12 Agustus ini, Astra Life memberikan promosi menarik buat kamu yang ingin membeli asuransi. Ada bonus cashback up to 20% dan bonus tahapan tunai setiap 3 tahun untuk pembelian secara online di www.ilovelife.co.id

Preminya murah banget, kamu bisa mendapatkan perlindungan mulai dari Rp27.000 per bulan. Selain itu, di GIIAS, juga ada tim Financial Advisor yang siap membantu kamu jika masih ada pertanyaan soal asuransi.

BACA JUGA: Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

4. Sudah dapat tunjangan kesehatan dari kantor, untuk apa asuransi lagi?

Bagi pegawai kantor, biasanya perusahaan tempat dia bekerja sudah memberikan fasilitas tunjangan kesehatan. Namun, ada baiknya cek kembali apa saja yang ditanggung pihak kantor kamu. Jika kamu sudah berkeluarga, apakah anggota keluarga juga ditanggung. Pastikan dulu hal tersebut.

Tak jarang, kantor hanya bisa menanggung biaya kesehatan pegawainya saja, sementara istri/suami beserta anaknya tidak. Selain itu, ada pula asuransi kesehatan yang terbatas, dalam artian tak semua penyakit atau tindakan medis bisa ditanggung. Salah satu contohnya seperti biaya persalinan.

Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya memutuskan tetap menggunakan asuransi kesehatan lain di luar fasilitas kesehatan kantor.

5. Asuransi menambah beban biaya hidup

Penambahan biaya hidup kerap menjadi alasan banyak orang untuk enggan memiliki asuransi. Padahal, jika dibandingkan dengan nilai pertanggungan ataupun manfaatnya, maka premi bulanan yang biasanya kamu bayarkan, nilainya bisa jauh lebih kecil dan manfaat yang kamu dapatkan jauh lebih besar. Selain itu, asuransi juga memberikan peace of mind bagi kamu untuk tak lagi khawatir biaya pengobatan membengkak, mana kala jatuh sakit.

***
Berikut adalah lima mitos yang kerap muncul di masyarakat seputar asuransi. Kamu mempercayai salah satu mitos tersebut? Ingat, tak kenal maka tak sayang. Pahami dulu produknya sebelum membeli untuk merasakan manfaat dari asuransi. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan ya.