6 Cara Memilih Asuransi yang Tepat dan Menguntungkan

Cara Pilih Asuransi

Asuransi saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Fungsi proteksinya memberikan ketenangan pikiran terhadap segala kondisi darurat yang mungkin terjadi. Belakangan, asuransi bahkan tak hanya memberikan fungsi proteksi tetapi juga investasi yang menguntungkan. Menarik ya…

Baca juga: Keuntungan Memiliki Asuransi Garda Oto

Nah, dengan banyak ragam investasi yang dilengkapi paket-paket menarik, kamu perlu teliti sebelum menentukan pilihan. Berikut enam cara yang bisa kamu lakukan sebelum memilih produk asuransi:

1. Tentukan kebutuhanmu

Poin ini paling penting dan mendasar. Asuransi apa yang kamu butuhkan saat ini? Kalau kamu pekerja yang memiliki kendaraan, mungkin akan memerlukan asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan bermotor akan memberikan perlindungan ekstra bagi kendaraan kamu baik perawatan rutin hingga perbaikan mana kala ada insiden di jalan. Dengan demikian, pikiran kamu pun bisa lebih tenang saat berkendara.

2. Siapkan budget

Soal alokasi dana ini juga tak kalah pentingnya. Jangan sampai kamu memilih berbagai macam produk asuransi, tetapi justru merasa terbebani karena harus membayar premi melebihi kemampuan. Itu sebabnya, sejumlah pakar perencanaan finansial menyebutkan premi asuransi adalah pengeluaran wajib yang perlu ditentukan jumlahnya.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan asuransi kendaraan bermotor, maka kamu cukup membayarnya satu kali dalam setahun. Namun, besar nilainya tentu akan berbeda tergantung dari jenis kendaraan, tahun produksinya serta pilihan proteksi yang kamu pilih. Ilustrasi saja, untuk mobil kelas SUV keluaran tahun 2014 dan tipe perlindungan komprehensif misalnya, kamu perlu mengeluarkan biaya premi asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp5,4 juta setahun.


3. Kenali produk asuransi yang akan menjadi pilihan

Pengenalan produk asuransi bisa kamu lakukan dengan cara mencari informasi sebanyak-banyak lewat internet, bertanya kepada teman, atau kepada tenaga pemasar penyedia asuransi.

Apabila kamu ingin membeli asuransi kendaraan bermotor, maka yang paling penting untuk kamu ketahui pertama kali adalah jenis-jenis asurasinya yakni Total Loss Only (TLO) atau komprehensif. Asuransi TLO adalah asuransi perlindungan bagi kehilangan serta kerusakan total (biaya perbaikan lebih dari 75%). Sementara komprehensif, jaminan ganti rugi perbaikan atas kehilangan, kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan.

Pemilihan produk asuransi kendaraan juga perlu dilakukan secara cermat. Kalau kamu membeli kendaraan melalui perusahaan pembiayaan Astra, seperti ACC dan TAF, maka proteksi kendaraan selama masa tenor akan dilakukan oleh produk asuransi terpercaya, seperti Garda Oto.

Nah, untuk mengetahui jenis asuransi dan pilihan lingkup perlindungannya, kamu juga akan dibantu oleh tim ACC dan TAF pada saat pengajuan kredit kendaraan.

Selain itu, Informasi yang perlu diketahui seorang calon pembeli asuransi adalah hak pembeli dan penjual, nilai premi, besaran tanggungan, hingga kemudahan prosedur klaim. Tanyalah sedetail mungkin kepada tenaga pemasaran terkait hal-hal yang kamu butuhkan.

4. Pilih asuransi yang terdaftar di OJK

Jangan sampai terjebak pada perusahaan asuransi abal-abal. Soal asuransi, itu artinya kamu menempatkan sejumlah dana untuk keperluan darurat di masa mendatang. karena itu, pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika sudah terdaftar, maka perusahaan itu terpercaya karena semua aktivitasnya terpantau OJK.

Jika kamu memilih asuransi kendaraan Garda Oto, maka persoalan kredibilitas tak perlu lagi ditanyakan. Selain terdaftar di OJK, Garda Oto juga meraih berbagai pernghargaan Corporate Image Awards 2018. Corporate Image Awards 2018 merupakan penghargaan yang diberikan kepada produk atau perusahaan yang dinilai mampu menciptakan dan memelihara citra positif perusahaannya oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing.

5. Pilih asuransi yang memudahkan proses klaim

Proses pengajuan klaim yang rumit dan memakan waktu lama tentu sangat menjengkelkan. Apalagi, kamu sangat membutuhkan dananya. Itu sebabnya kamu harus mencari informasi terkait proses klaim dari produk asuransi yang diinginkan.

Informasi itu bisa kamu peroleh dari petugas pemasaran atau membaca surat pembaca di sejumlah media massa. Dari sana, kamu akan mendapatkan gambaran proses klaim dari sebuah produk asuransi.

Kamu pun tidak akan menemukan kerumitan mengajukan klaim jika memilih Garda Oto. Sebab Garda Oto memiliki aplikasi mobile Garda Mobile Otocare yang akan memudahkan proses klaim.

Kamu cukup mengunduh aplikasi tersebut dan memasukkan chassis number. Selanjutnya, pengajuan klaim bisa dilakukan lewat menu claim report, dan mobil nantinya akan disurvei oleh surveyor dari Garda Center atau cabang asuransi Astra terdekat.

Untuk mengetahui status klaim, kamu juga tak perlu mondar-mandir ke kantor Garda Oto, tapi cukup membuka menu claim status di aplikasi tadi. Simpel banget kan?

6. Teliti isi polis

Terakhir, langkah yang jangan sampai terlupa adalah meneliti isi polis. Polis adalah perjanjian antara pembeli dan penjual yang mengikat sesuai dengan lamanya waktu kontrak. Di sini, secara detail akan dijabarkan tentang hak dan kewajiban pembeli dan penjual. Baca secara seksama agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari, ya…

Dengan enam langkah ini, kamu tentunya tak perlu lagi bingung dalam memilih produk asuransi. Jadi kapan saat yang tepat untuk mulai membeli asuransi? Jawabannya, sekarang juga!

Baca juga: Tips Kumpulkan Dana Pensiun