Siapkan Budget Ini Saat Beli Mobil Baru di GIIAS 2018

Budget beli mobil baru

Sedang mengincar mobil idaman? Langkah yang perlu kamu pikirkan adalah soal persiapan matang soal budget. Untuk membeli mobil, budget yang dipersiapkan tak hanya sekadar uang muka. Kamu perlu memikirkan biaya perawatan mobil, biaya bensin, hingga pajak kendaraan bermotor.

Berikut enam alokasi anggaran yang perlu disiapkan dalam membeli mobil baru yang perlu kamu ketahui.

1. Booking fee

Booking fee biasanya dimintakan tenaga penjual untuk mengikat unit, harga promo, dan nilai cicilan yang sudah disepakati dengan pembeli. Jika pembeli tak mengubah keputusannya dan tetap ingin membeli unit yang sudah disepakati, maka booking fee ini akan dimasukan sebagai bagian dari uang muka. Sementara apabila ternyata pembeli mengurungkan niatnya membeli unit tersebut, maka booking fee ini tak bisa dikembalikan.

Nilai booking fee ini bervariasi. Kamu bisa nego ke tenaga penjualnya. Rentang nilainya di atas Rp 1 juta tergantung tipe mobil yang kamu pesan.

BACA JUGA: Gaji Pas-pasan Juga Bisa Punya Mobil

2. Uang muka

Anggaran yang perlu kamu siapkan sebelum membeli mobil baru selanjutnya adalah uang muka. Semakin besar uang mukanya, maka cicilan setiap bulannya akan semakin rendah. Demikian pula sebaliknya. Nilai uang muka ini juga bervariasi tergantung harga mobil yang kamu inginkan. Namun, pada umumnya, uang muka minimal 20 persen dari harga On The Road (OTR).

3. Uang cicilan tiap bulan

Jika kamu berniat membeli mobil secara kredit, maka anggaran yang harus disiapkan selanjutnya adalah uang cicilan setiap bulannya. Carilah lembaga pembiayaan yang memberikan bunga rendah sehingga cicilan yang harus kamu bayarkan tak terlalu besar. Selain itu, jika tak ingin cicilan terlalu berat, maka ada baiknya kamu mengumpulkan uang muka lebih dari 20 persen.

BACA JUGA: Keunggulan Beli Mobil Secara Kredit

4. Biaya bahan bakar setiap bulan

Punya mobil juga harus memperhatikan anggaran setelahnya yaitu bahan bakar. Kebutuhan bahan bakar ini akan sangat terasa jika mobil yang kamu beli akan digunakan setiap hari Untuk menekan biaya bahan bakar, kamu bisa memilih mobil-mobil yang bertipe Low Cost Green Car (LCGC) seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Selain harga On The Road (OTR) yang lebih murah, mobil bertipe LCGC ini juga hemat bahan bakar.

5. Pajak satu tahun sekali

Yang tak kalah pentingnya adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak ini harus dibayarkan pemilik kendaraan setahun sekali. Pajak kendaraan bermotor nilainya bervariasi tergantung jenis mobil hingga tahun dikeluarkannya. Selain itu, di beberapa daerah yang padat penduduk, pajak kendaraan bermotor bersifat progresif. Artinya, pajak akan semakin mahal ditetapkan pemerintah untuk kendaraan milik kedua, ketiga, dan seterusnya. Semakin banyak kamu memiliki kendaraan, maka akan semakin besar pajaknya.

6. Bengkel

Terakhir, yang perlu kamu siapkan adalah dana cadangan untuk perawatan kendaraan. Jika kamu tak menggunakan asuransi all risk, maka anggaran ini wajib disiapkan demi menjaga performa mesin mobilmu. Perawatan rutin yang biasanya perlu dilakukan seperti penggantian oli setiap enam bulan sekali atau saat kendaraan sudah menempuh karak 10.000 kilometer.

***

Itulah enam alokasi anggaran yang perlu kamu siapkan untuk membeli mobil baru. Semoga kamu bisa segera menyusun budget untuk membeli mobil impianmu. Nah, Bank Permata bisa membantu kamu lewat simpanan Permata Tabungan Bebas. Nikmati keuntungan mendapat cashback 10% pada tanggal 20 dan 18 setiap bulannya untuk transaksi di Supermarket, Toko Online, Transportasi Online dan SPBU.

Di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Bank Permata juga memberikan promo menarik yakni cashback pembukaan kartu kredit hingga Rp500.000,00 dan gratis saldo awal Rp49.999,00 untuk pembukaan rekening kartu PermataME. Wah, sambil lihat-lihat mobil yang diincar, bisa sekalian nabung nih! Yuk, tunggu apalagi!