Ingin Punya Mobil tapi Gaji Pas-pasan, Bisa di GIIAS!

Ingin Punya Mobil tapi Gaji Pas-pasan, Bisa di GIIAS!

Kebutuhan memiliki mobil kini semakin meningkat. Mobil juga bukan lagi barang mewah, karena sebenarnya dengan penghasilan standar atau berkisar Rp5 juta kamu masih bisa mendapatkannya. Tak percaya? Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan mobil impian.

Baca juga: Kompetisi Blogger di GIIAS 2018

1. Pilih jenis mobil LCGC

Hitung-hitungannya, untuk kamu yang berpenghasilan sekitar Rp5 juta maka mobil yang paling tepat adalah jenis Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla. Harganya berkisar Rp110-130 juta. Selain standar minimal uang mukanya masih terjangkau, dua jenis mobil LCGC ini juga cukup irit bensin. Sehingga, ongkos bensin untuk pemakaian sehari-hari pun masih bisa terkendali.

2. Menabung untuk uang muka

Kamu perlu menabung terlebih dulu untuk menyiapkan uang muka minimal 20 persen dari harga mobil. Jika megambil contoh mobil Daihatsu Ayla atau Agya di atas, maka minimal uang muka berkisar Rp22 juta. Semakin besar uang muka yang kamu setorkan, maka akan semakin rendah pula cicilan setiap bulannya.

Jika kamu hanya memiliki uang pas-pasan untuk uang muka, maka pilihan lainnya adalah mengambil tenor panjang, biasanya 5 tahun. Kadang ada juga promo tenor sampai 6-8 tahun. Resikonya, semakin lama kamu mencicil, harga mobil semakin mahal sementara nilainya kian turun setiap tahun.

3. Atur cicilan yang tak memberatkan

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menekan cicilan serendah mungkin. Caranya, adalah mengumpulkan uang muka sebanyak-banyaknya. Uang muka yang kamu miliki maka harus lebih dari 20-25 persen dari harga mobil.

Cicilan paling ideal adalah 30 persen dari penghasilan. Artinya kalau gaji kamu sekitar Rp5 juta, cicilan yang paling ideal yakni Rp1,5 juta. Hal ini penting agar kredit mobil jadi tidak memberatkan, plus kamu juga masih memiliki sisa uang untuk keperluan sehari-hari dan menabung.

4. Beli mobil di pameran otomotif

Salah satu waktu yang tepat membeli mobil adalah saat pergelaran pameran otomotif. Terdekat, pada 2-12 Agustus nanti akan ada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di sana, akan ada banyak tawaran promo menarik yang bisa menekan harga mobil yang kamu inginkan. Selain itu, ada banyak bonus pula yang bisa kamu dapatkan seperti free aksesoris hingga asuransi kendaraan bermotor.

Salah satu contohnya adalah promo yang ditawarkan ACC dan TAF. Kedua pembiayaan dari Astra Financial ini menawarkan program bunga 0,88 persen yang berlaku bagi semua nasabah yang membayar uang muka 30 persen dan tenor cicilan setahun (untuk merek dan model mobil tertentu).

Sementara untuk selain produk Astra, dengan kehadiran Astra Financial sebagai sponsor utama GIIAS 2018, ACC dan TAF akan memberikan keringanan dalam angsuran.

Tak hanya tawaran bunga yang lebih rendah, ada pula program grand prize mobil Toyota Yaris dan Daihatsu Terios dan hadiah menarik lainnya jika membeli mobil lewat TAF dan ACC. Hadiah lainnya berupa 8 motor Honda PCX, 8 sepeda gunung, dan 8 handphone Samsung S9.

5. Gunakan asuransi kombinasi

Jika kamu ingin membeli mobil secara kredit, maka sudah ada fasilitas langsung berupa asuransi kendaraan bermotor. Biaya asuransi ini akan digabung bersama dengan cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan. Supaya cicilan bisa lebih ringan, maka kamu bisa memilih asuransi jenis Total Loss Only (TLO) atau kombinasikan antara TLO dan komprehensif.

Baca juga: Tips Membeli Mobil di Pameran

6. Mulai berhemat

Apabila kamu sudah memutuskan mobil yang akan kamu beli beserta simulasi rincian cicilan per bulannya, maka saatnya kamu mulai hidup hemat. Kurangi alokasi anggaran untuk “kongkow” hingga liburan demi mobil impian.

***

Jadi, siapa bilang gaji pas-pasan tapi tak bisa punya mobil impian? Asalkan mampu mengelola uang dengan baik, mobil impianmu sudah ada di depan mata.