Ini Triknya Gaji Kecil Bisa Liburan Terus

Trik Liburan Meski Gaji Kecil

Semua orang bisa travelling berapa pun gaji mereka.

The world is like a book and those who do not travel read only one page”, begitu kata bijak dari St. Agustine.

Betul banget. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari travelling. Tak cuma refreshingtravelling juga bisa menjadi sarana menambah teman, melihat keberagaman masyarakat, mengagumi keindahan alam, hingga mencari arti hidup.

Namun, keinginan untuk jalan-jalan tak jarang mentok dengan isi kantong. Hingga kita harus menahan diri berbulan-bulan untuk bisa plesiran.

Tapi sebetulnya, semua orang bisa travelling berapa pun gaji mereka. Sebab memang ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk travelling tanpa bikin kantung jebol. Caranya seperti apa, simak trik berikut ini:

Tetapkan destinasi impian

Mau jalan-jalan keliling Indonesia, keliling Asia, bahkan Eropa, bisa Anda lakukan. Dengan menetapkan destinasi impian, maka Anda akan fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Anda bisa menetapkan perencanaan travelling jauh-jauh hari. Himpun sebanyak-banyaknya informasi tentang destinasi tujuan Anda. Buatlah skala prioritas akan tempat-tempat wisata yang ingin Anda datangi.

Tentukan anggaran

Tertib anggaran adalah kunci agar travelling tidak bikin kantung jebol. Rencanakanlah perjalanan Anda jauh-jauh hari. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan perencanaan matang. Misalnya promo tiket pesawat hingga bisa memiliki banyak pilihan akan penginapan low budget.

Selain tiket pesawat dan penginapan, anggaran lain yang harus diperkirakan adalah pembuatan visa, biaya transportasi lokal, anggaran makan dan minum, biaya masuk tempat wisata, hingga anggaran untuk membeli pakaian musim dingin jika Anda hendak berlibur di akhir tahun.

Baca juga: Aplikasi pengatur keuangan selama liburan

Menabung

Setelah menentukan anggaran, tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menabung. Alokasikan nominal tetap yang Anda sisihkan dari gaji setiap bulannya untuk kebutuhan travelling. Bukan asal menabung di bank, pastikan Anda cermat memilih bank yang aman dan memberikan banyak kemudahan serta keuntungan selama menjadi nasabahnya.

Anda bisa menabung di PermataBank dengan berbagai manfaat dan keuntungan. Misalnya, Anda bisa meraih berbagai promo yang diberikan PermataBank sehingga bisa menghemat pengeluaran harian, seperti cashback 30 persen untuk ngopi dan nonton, cashback 20 persen untuk belanja online, dan cashback 10 persen untuk transportasi online bagi nasabah PermataME.

Cari partner

Untuk menekan biaya travelling, trik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mencari partner. Dengan adanya partner, kamu bisa berbagi biaya perjalanan sehingga ongkos yang dikeluarkan pun tidak mahal. Beberapa hal yang bisa sharing cost seperti biaya penginapan dan transportasi lokal. Namun, carilah partner yang benar-benar “klik”dengan Anda agar travelling bisa lebih menyenangkan.

Menjadi backpacker

Mau travelling dengan low budget, menjadi backpacker adalah solusinya. Sebagai backpacker, Anda harus jeli melihat harga-harga miring untuk kebutuhan travelling.

Misalnya, Anda harus tahu penerbangan berbiaya murah yang ada di setiap negara dan penginapan murah seperti hostel untuk backpacker. Penerbangan dan penginapan murah memang tak senyaman layanan berkelas bintang. Namun, dari sana, Anda bisa mendapat pengalaman baru, berkenalan dengan sesama backpacker, dan menemukan hal tak terduga lain.

Dengan lima trik ini, Anda tak perlu lagi khawatir untuk bisa berlibur, berapa pun gaji Anda. Let’s go travelling!

Baca juga: Tips mempunyai motor hits tanpa menguras kantong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *