5 Aplikasi untuk Bantu Mengatur Keuangan Anda Selama Liburan

aplikasi smartphone saat liburan

Libur lebaran sudah di depan mata. Bagaimana persiapan Anda untuk mudik atau liburan Lebaran bersama keluarga?

Saat berlibur bersama seluruh anggota keluarga, terlebih Anda yang sudah memiliki anak, bujet liburan akan lebih besar dibanding saat liburan sendiri. Mulai dari penambahan jumlah tiket, kamar hotel yang lebih besar agar cukup untuk seluruh anggota keluarga, hingga pengeluaran untuk makanan.

Kalau Anda tidak membuat rencana pengeluaran untuk liburan nanti, yang ada pengeluaran malah akan sangat lebih besar ketimbang bujet yang dimiliki. Belum lagi saat si kecil atau anggota keluarga menambahkan “daftar baru” dengan menitip dibelikan buah tangan.

Nah, supaya bujet liburan tetap berjalan sesuai rencana, aplikasi keuangan berikut bisa membantu mengatur keuangan Anda selama liburan. Mulai dari notifikasi tiket pesawat murah, mencatat segala pengeluaran, penukaran mata uang, hingga membagi tagihan.

Penny App

Tersedia di: App Store & Google Play

Mau liburan sambil “ditemani” penasihat keuangan pribadi? Penny App ini akan memberikan notifikasi langsung berupa suara dari setiap pengeluaran Anda secara detail mulai dari jumlah hingga nama vendor atau brand tempat Anda bertransaksi. Termasuk notifikasi saat pengeluaran Anda melebihi bujet awal. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan laporan soal waktu jatuh tempo pembayaran dari transaksi kartu kredit yang Anda gunakan.

Baca Juga: Tips Bagi Waktu untuk Bukber

Splitwise

Tersedia di: App Store & Google Play

Saat liburan bersama seluruh anggota keluarga besar, biasanya bagaimana cara Anda membagi tagihan makan, hotel, hingga transportasi? Dihitung manual? Atau langsung patungan?

Hmmm… menghabiskan waktu dan kurang praktis ya. Splitwise ini sangat pas bila Anda berlibur dengan seluruh anggota keluarga. Tinggal masukkan jumlah anggota keluarga ke dalam aplikasi, setiap tagihan yang Anda keluarkan langsung dibagi rata. Di akhir liburan, setiap orang akan melihat berapa jumlah yang mereka harus bayarkan.

Trail Wallet

Tersedia di: App Store & Google Play

Tak perlu lagi mengumpulkan segala bukti transaksi yang hanya akan memenuhi dompet Anda. Juga, tak perlu lagi menghabiskan waktu menghitung semua pengeluaran Anda begitu sampai di hotel. Tinggal foto semua bukti tagihan setiap kali habis belanja, semua keuangan Anda tercatat di aplikasi ini. Jadi begitu sampai hotel selepas seharian liburan, Anda bisa langsung tahu berapa pengeluaran sementara dan di bagian mana saja yang paling menguras bujet liburan.

AwardWallet

Tersedia di: App Store

Satu wadah untuk mengumpulkan semua rewards yang Anda punya. Yes, this is it! Aplikasi ini bisa jadi tempat Anda mengecek segala rewards yang didapatkan selama ini, mulai dari frequent flier miles, hotel, credit card cash, hingga poin dari resto favorit Anda. Jadi, tidak akan khawatir lagi berbagai keuntungan ini terbang begitu saja karena Anda lupa dan masa berlakunya habis.

Baca Juga: Makanan Pantangan Saat Berbuka

Garda Mobile Otocare

Tersedia di: App Store & Google Play

Meski liburan hemat, harus tetap cerdas menghabiskan bujet liburan. Biar mudik dan liburan lebaran nyaman dan aman dari mulai berangkat hingga kembali ke rumah, Anda perlu mempersiapkan kendaran dengan mengecek segala kondisi kendaraan seperti mengecek ban dan oli.

Cara lain untuk menikmati perjalanan mudik dan liburan lebaran yang lebih tenang adalah dengan mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare. Dari aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi seperti lokasi umum penting yang terdekat dengan pengguna, seperti posko mudik, SPBU, dan pos polisi, fitur fuel monitor, dan juga fitur pengingat.

Bagaimana, sudah siap memulai perjalanan mudik bersama keluarga besar?