7 Aplikasi Ini Wajib Ada di Ponsel Anda Saat Mudik

Mudik lebaran

Jelang Lebaran, awamnya masyarakat Indonesia melakukan mudik alias pulang kampung. Perjalanan jauh pun ditempuh baik melalui darat, laut, dan udara. Semua lelah selama perjalanan akan terbayar begitu tiba di kampung, bertemu sanak saudara.

Nah, untuk menempuh perjalanan jauh, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah memiliki informasi penting yang bermanfaat bagi perjalanan mudik Anda. Dan untuk memperolehnya, ada tujuh aplikasi yang wajib ada di ponsel. Apa saja itu?

Aplikasi penunjuk arah

Aplikasi ini sangat penting dan pasti bermanfaat selama di perjalanan. Jika kendaraan hilang arah, Anda cukup membuka aplikasi ini yang bisa menuntun kembali ke rute yang seharusnya. Melalui aplikasi ini, Anda juga akan memperoleh informasi soal kepadatan lalu lintas. Dengan demikian, Anda bisa mencari jalan alternatif jika jalur utama macet.

Aplikasi penunjuk arah yang cukup populer digunakan di Indonesia adalah Google Map dan juga Waze. Dalam aplikasi Maze, setiap pengemudi bahkan bisa berinteraksi dengan pengemudi mobil lain untuk saling memberikan kabar baik seperti kecelakaan atau jalan rusak.

Aplikasi info mudik

Aplikasi info mudik biasanya berisi informasi yang bermanfaat bagi pemudik. Misalnya, lokasi rest area,restoran, masjid, hingga pom bensin. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika kehabisan bensin di tengah jalan, atau perlu beristirahat sejenak. Ada beberapa aplikasi info mudik yang biasa digunakan yakni Ayo Mudik, GoMudik, dan Aplikasi Mudik.

Baca Juga: Kreasi Stoples untuk Lebaran 

Aplikasi chatting

Sebagian besar dari kita mungkin sudah akrab dengan aplikasi chatting yang ada di ponsel. Dua aplikasi chatting yang cukup populer yakni WhatsApp dan Line. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berinteraksi dengan keluarga dan sahabat untuk saling bertukar informasi tentang kondisi jalur mudik.

Aplikasi musik

Hampa rasanya tanpa alunan musik yang menemani di sepanjang jalan. Musik juga bermanfaat sebagai penghilang rasa bosan, rasa kantuk, dan lelah saat Anda menemui kemacetan di jalan. Untuk kondisi ini, pilihlah musik yang dengan ritme riang gembira, bukan yang mendayu. Ada beberapa aplikasi musik yang bisa Anda unduh seperti Sporitfy, Joox, Google Play Music, dan Apple Music.

Aplikasi prakiraan cuaca

Persiapkan dengan matang perjalanan mudik Anda. Tidak hanya informasi seputar rute dan lalu lintas, informasi prakiraan cuaca juga tak kalah pentingnya. Apalagi, jika Anda harus melawati rute-rute yang rawan bencana longsor, banjir, ataupun gempa bumi.

Ada aplikasi resmi miliki Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yakni Info BMKG. Dari aplikasi ini, Anda bisa mengetahui kualitas udara, info gempa bumi, info cuaca di jalur mudik, info cuaca maritim, hingga cuaca di bandara.

Aplikasi buat bayar cicilan

Tak kalah pentingnya dalam sebelum melakukan mudik adalah membayar semua tagihan cicilan. Terkadang, libur panjang membuat Anda lupa akan tanggal jatuh tempo cicilan yang masih berjalan.

Kini, Anda tak perlu lagi khawatir karena pembayaran tagihan bisa langsung Anda lakukan kapan saja dan di mana pun lewat aplikasi mobile ACCYes!. Aplikasi ini bisa Anda dowdnload langsung di Google Playstore.
Aplikasi ini akan memberikan fasilitas pengingat jadwal pembayaran cicilan hingga pembayaran cicilan secara online.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran

Aplikasi untuk kondisi darurat

Terakhir, persiapkan diri Anda untuk segala kondisi darurat seperti mobil mogok ataupun kecelakaan. Namun, kondisi-kondisi darurat ini tak perlu membuat risau Anda.

Asuransi Astra hadir untuk memberikan peace of mind selama perjalan mudik. Rasakan langsung beragam manfaat yang bisa dirasakan pengguna Asuransi Astra dalam aplikasi Garda Mobile Otocare. Di saat kondisi darurat, pengguna Asuransi Astra bisa meminta layanan darurat dari Garda Mobile Otocare. Hanya dengan menggunakan menu Emergency Request, petugas Garda Siaga akan segera membantu Anda. Tracking lokasi petugas Garda Siaga dengan Garda Mobile Otocare.

Jadi, sudah tidak sabar untuk mudik? Jangan lupa untuk selalu siaga dan berhati-hati di jalan ya! Selamat mudik!