Pintar Bagi Waktu di Saat Banyak Acara Bukber

buka puasa bersama

Memasuki bulan Ramadan, acara buka bersama teman sekolah, rekan kerja, hingga keluarga menjadi agenda yang dinantikan. Tak hanya sekadar bertemu, bukber juga bisa menjadi ajang reuni saling berbagi kisah satu sama lain.

Namun, dengan banyaknya lingkaran pertemanan yang kita miliki, terkadang undangan bukber datang secara bersamaan. Kalau sudah begitu apa yang bisa Anda lakukan? Yang pasti, Anda perlu melakukan manajemen waktu dan menetapkan skala prioritas. Caranya:

Bekerja cepat

Jika Anda harus bekerja di kantor pagi harinya, mulailah bekerja dengan efektif dan efisien sehingga tak ada waktu yang terbuang. Dengan menyelesaikan semua pekerjaan lebih cepat, maka Anda tak perlu terburu-buru untuk menghadiri bukber. Jangan lupa juga, perkirakan waktu tempuh dan kemacetan untuk sampai ke tempat bukber.

Baca Juga: Makanan Pantangan untuk Berbuka

Dahulukan undangan bukber keluarga dan sahabat

Jadwal buka bersama biasanya mulai padat di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Bahkan, terkadang ada yang bertabrakan waktunya. Maka, Anda perlu menetapkan skala prioritas. Keluarga dan sahabat adalah yang paling utama.

Jangan sampai Anda sibuk memenuhi semua undangan bukber, sampai lupa berbuka bersama dengan keluarga.

Hindari datang terlalu cepat

Acara bukber lebih sering ‘ngaret’, padahal sudah datang lebih dulu? Bukan hanya Anda, sebagian besar dari kita bahkan kerap kali mengalami ini. Maka, lebih baik Anda sudah berada di tempat cukup 30-45 menit sebelum jam yang tertera di dalam undangan.

Waktu sebelum acara resmi dimulai, dapat Anda pergunakan untuk menyapa tamu undangan lain dan berbincang hal-hal ringan.

Baca Juga: Aplikasi Wajib untuk Mudik

Adab menolak ajakan bukber

Dengan menetapkan skala prioritas, pasti ada undangan bukber yang tak bisa Anda hadiri. Maka dari itu, Anda perlu menyampaikan alasan ketidakhadiran di acara tersebut.

Ada sejumlah adab yang bisa Anda contoh untuk menolak ajakan bukber. Misalnya, memberitahukan bahwa Anda tidak hadir dengan alasan yang jelas melalui media pesan singkat atau pun chatting. Bila undangan disampaikan melalui telpon, Anda perlu juga menelpon si pengundang seraya meminta maaf tidak dapat hadir.

Setelah atur waktu untuk bukber, kini waktunya menjaga agar kantong tetap aman meski banyak undangan dari teman dan kolega. Salah satu caranya, Anda bisa menyiapkan alokasi khusus untuk ini. Cara lain untuk menjadi lebih cerdik menghemat budget, adalah dengan memanfaatkan fasilitas promo kartu kredit.

Ada banyak tempat makan populer yang menampilkan promo tersebut di lokasinya, jika tidak terlihat, Anda bisa bertanya kepada pelayannya saat akan menentukan tempat.

Yang tak boleh dilupa saat menghadiri undangan bukber adalah Kartu PermataBank. Sebab ada banyak restoran yang memberikan promo menarik, seperti di Breadtalk, J.Co, Puyo, hingga Haagen Dazs.

Dengan trik di atas, semoga Anda bisa bukber sambil menjalin silahturahmi dengan berbagai teman dan kolega.