6 Makanan dan Minuman yang Jadi Pantangan Saat Buka Puasa

Pantangan Buka puasa

Ibadah puasa bisa meningkatkan kesehatan tubuh, jika dilakukan dengan benar. Dalam artian, Anda cukup memperhatikan porsi dan menu makanan, bukan hanya saat sahur tapi juga kala berbuka.

Kenapa menu berbuka puasa penting diperhatikan? Sebab selama belasan jam, tubuh dan lambung berada dalam kondisi kosong, tanpa asupan makanan dan minuman. Dengan memastikan asupan yang dikonsumsi cukup sehat, tubuh (terutama lambung) tidak “kaget”. Selain itu, makanan sehat juga membantu memulihkan kebugaran tubuh.

Berikut makanan yang tergolong tak sehat dan sangat dianjurkan untuk Anda hindari saat berbuka:

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda cenderung mengandung kalori tinggi dan gas. Bila berbuka puasa dengan minuman bersoda, saluran pencernaan pun akan bekerja ekstra keras untuk mengolah minuman ini. Alih-alih minuman bersoda, ada baiknya Anda berbuka puasa dengan air putih atau air kelapa untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

2. Gorengan

Makan gorengan untuk buka puasa? Sangat menggiurkan, memang. Tidak sedikit orang yang mencantumkan gorengan dalam menu berbuka puasa, bisa jadi juga Anda. Meski enak dan gurih, makanan yang cenderung berminyak ini bisa membuat perut mengalami gangguan pencernaan. Bila berlebihan, bisa juga kram perut.

Baca juga: Tips Bagi Waktu Bukber

3. Kopi

Bagi Anda pecinta kopi, tak lengkap rasanya jika tak meminum secangkir kopi hangat di kala buka puasa. Namun, terlalu banyak minum kopi, justru dapat meningkatkan haus. Kopi tak dianjurkan karena bisa mengencerkan asam lambung sehingga perut kembung dan pencernaan terganggu.

4. Cokelat dan makanan manis

Makanan dengan kadar gula tinggi seperti manisan, cokelat, bahkan kolak perlu dihindari. Mengapa? Karena makanan jenis ini akan dengan cepat meningkatkan gula darah. Akibatnya, Anda bisa dengan mudah mengantuk, lemas, dan berat badan cepat naik. Sebagai pengganti makanan manis, Anda bisa mengonsumsi buah kurma, karena buah kurma dipercaya baik untuk mengembalikan energi secara cepat.

5. Minuman dingin

Setelah seharian berpuasa, minuman dingin saat berbuka memang terlihat menyegarkan. Akan tetapi, minuman dingin akan menimbulkan rasa kenyang yang berlebihan saat berbuka. Selain itu, minuman dingin juga membuat tubuh perlu melakukan penyesuaian suhu lebih lama dibanding biasanya. Hal ini menyebabkan tubuh lebih lama mendapat asupan energi.

Baca juga: Aplikasi Wajib saat Mudik

6. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memiliki tinggi kalori, lemak jenuh, dan gula. Namun, makanan jenis ini sangat rendah serat. Jika makanan cepat saji sering dikonsumsi, akibatnya sederet penyakit bisa saja menyerang Anda. Misalnya, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, hipertensi, hingga sakit jantung.

Nah, dengan mengetahui enam makanan dan minuman yang tak baik dikonsumsi saat buka puasa ini, semoga kesehatan kita selalu terjaga. jika gangguan kesehatan muncul saat berpuasa, Anda bisa segera menghubungi dokter dan tidak perlu khawatir, karena Siap SehatKu dari Astra Life akan memberikan Anda perlindungan dari risiko penyakit yang tiba-tiba datang.

Dengan Siap SehatKu dari Astra Life, Anda akan memperoleh penggantian biaya rawat inap di rumah sakit hingga Rp300.000,-.

Tersedia pula fitur pengembalian 100% dari premi yang dibayarkan diakhir periode perlindungan.

Menerapkan pola makan sehat, ditambah dengan proteksi dari asuransi Siap Sehatku dari Astra Life, Anda bisa menjaga kesehatan dengan lebih baik.