Waspadai Pengeluaran Tak Terduga Saat Mudik atau Libur Lebaran

Mudik Lebaran

Menjelang liburan lebaran nanti, sejak sekarang Anda pasti sudah sibuk mempersiapkan segala kebutuhan. Ada pakaian lebaran, kue, kendaran, hingga biaya khusus untuk mudik atau liburan lebaran. Persiapan yang matang jadi hal wajib agar rencana liburan ini menyenangkan dan sesuai dengan perencanaan hingga tidak membuat kantong Anda terkuras.

Walaupun sudah dipersiapkan secara matang selalu ada saja persiapan mudik atau liburan lebaran yang kurang dan membutuhkan bujet lebih. Mau tahu apa saja daftarnya? Baiknya Anda waspadai lima pengeluaran tak terduga ini:

Pesawat Delay atau Batal

Moda transportasi paling efektif, bila mempertimbangkan jarak, waktu, dan nilai ekonomis, pesawat terbang adalah pilihan terbaik. Sejak jauh-jauh hari untuk menghindari harga tiket yang melonjak akibat musim liburan ini Anda pasti sudah membelinya.

Namun, gangguan yang bisa saja teradi pada pilihan menggunakan pesawat terbang adalah pesawat delayatau batal terbang. Repot sekali kalau nantinya Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli tiket baru yang jelas sekali pada hari itu harganya sudah melambung tinggi.

Sebagai langkah preventif yang cerdas, Anda harus memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pesawat delay, pembatalan perjalanan, hingga perlindungan barang bawaan Anda.

Baca juga: Aplikasi Wajib untuk Mudik

Biaya Perawatan Kendaraan

Kalau rencana mudik atau liburan lebaran kali ini Anda akan membawa serta keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya lakukan pengecekan sebelum menempuh perjalanan jauh. Sediakan waktu Anda, setidaknya satu minggu sebelum keberangkatan. Bawa kendaraan ke bengkel-bengkel resmi Astra terdekat untuk melakukan pengecekan di seluruh bagian mobil Anda.

Pilihan waktu seminggu sebelum keberangkatan mudik ini untuk menghindari antrean mobil yang masuk ke bengkel yang sama-sama ingin melakukan pengecekan juga. Kalau Anda tidak mengecek kendaraan, nantinya Anda harus repot mengeluarkan uang lebih besar bila kendaraan tiba-tiba mogok saat perjalanan menuju lokasi mudik.

Untuk menambah kenyamanan perjalanan Anda, sebaiknya miliki juga asuransi kendaraan dari Garda Oto. Dengan memiliki asuransi kendaraan Garda Oto, Anda akan mendapatkan berbagai layanan asuransi kendaraan premium seperti Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA) yaitu layanan bantuan darurat 24 jam yang dilengkapi tiga jenis armada yaitu mobil derek, mobil gendong, dan sepeda motor dengan teknologi terbaru seperti penggunaan mesin hidrolik dan keamanan yang lebih terjamin. Dengan wilayah cakupan yang luas, tim Garda Siaga siap untuk membantu Anda saat mengalami kondisi darurat seperti ban kempis, pintu mobil terkunci dari dalam, mogok, hingga kecelakaan.

Anda tak perlu lagi khawatir untuk memastikan kualitas perbaikan, layanan terbaik dari asuransi kendaraan Garda Oto juga selalu memberikan garansi hasil kerja bengkel dan memakai suku cadang asli serta berkualitas, dan memberikan enam bulan garansi untuk setiap hasil pengecatan. Juga bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, siap mendukung untuk memberikan Anda peace of mind.

Pemberian Salam Tempel

Tradisi mudik dan liburan lebaran yang Anda sekeluarga lakukan tentunya untuk bisa kembali bertemu dengan seluruh anggota keluarga besar. Apalagi di momen lebaran nanti, seluruh keluarga akan berkumpul. Nah, khusus untuk momen ini sebaiknya jangan hambur-hamburkan uang Anda bila ingin memberikan salam tempel bagi keponakan dan sanak saudara. Mulai dari sekarang, hitung perkiraan siapa saja yang akan Anda temui. Dari daftar itu, Anda akan tahu berapa besar pengeluaran yang harus Anda persiapkan. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Baca juga: Aplikasi Mengatur Keuangan

Biaya Rekreasi

Mumpung liburan, harus memanfaatkan waktu mengunjungi berbagai objek wisata di kampung halaman destinasi liburan Anda. Jangan lupa persiapakan bujet untuk biaya rekreasi bersama keluarga ini juga ya. Keuntungannya, Anda bisa kembali mengenang memori-memori saat kecil mengunjungi objek wisata tersebut sekaligus memperkenalkannya pada anak Anda

Biaya Cadangan Darurat

Mudik atau liburan bagi sebagian dari Anda mungkin merupakan perjalanan yang jauh. Fisik yang prima sangat dibutuhkan agar selama periode perjalanan dari rumah hingga kembali ke rumah, Anda sekeluarga tetap sehat.

Namun, Anda juga harus tetap membuat biaya cadangan darurat jika ada yang jatuh sakit dan membutuhkan penanganan medis. Tetap jaga kesehatan dan asupan makanan selama liburan nanti ya.

Meski bersemangat untuk mudik dan liburan lebaran nanti, harus tetap siapkan segala pengeluaran tak terduga di atas ya. Biar momen berharga bersama keluarga ini tidak memberatkan Anda, terutama mengenai keuangan pasca-liburan.