Baru berkeluarga dan Banyak Kebutuhan? Jangan Sampai Kondisi Keuangan Kacau, Datang ke Booth Astra Financial di GIIAS 2019

Baru berkeluarga dan banyak kebutuhan Jangan Sampai Keuangan Kacau

Setiap tahap kehidupan membutuhkan perencanaan keuangan masing-masing, misalnya ketika masih lajang, baru menikah dan punya satu anak, dan ketika sudah punya dua anak atau lebih. Lajang biasanya sedang merencanakan untuk menikah atau melanjutkan studi. Pasangan baru menikah biasanya masih mengontrak rumah dan berencana punya mobil yang bisa mengakomodir keluarga. Pasangan yang sudah punya satu anak dan ingin menambah anak, umumnya menghadapi tantangan untuk menambah dana pendidikan. Meski memiliki banyak kebutuhan jangan sampai kondisi keuangan jadi kacau. Baca lebih lanjut untuk menemukan solusinya.

Kenali 4 Hal Fundamental Perencanaan Keuangan

1. Identifikasi

Pertama-tama, cobalah membuat catatan yang berisi posisi kekayaan bersih dan arus kas keluarga, profil keuangan pribadi dan pasangan, dan tujuan keuangan keluarga.

2. Strategi finansial

Selanjutnya, susunlah strategi finansial atau financial blueprint untuk mencapai tujuan keuangan keluarga yang ada di poin nomor 1 dengan mempertimbangkan prioritas tujuan keuangan dan menyusun strategi finansial yang realistis untuk dicapai.

Baca Juga: Jalan-jalan di GIIAS 2019? Mampir ke Booth Astra Financial di GIIAS 2019, Dapatkan Bunga Spesial 0% dan 5 Keuntungan Lainnya

3. Pelaksanaan

Pada tahap ini, kamu perlu melakukan rencana aksi nyata atau action plan yang didasarkan pada financial blueprintAction plan ini mencakup pelaksanaan dari hal administrasi hingga hal teknis, serta mengevaluasi langkah nyata tersebut. Contoh, kamu dan pasangan ingin mulai berinvestasi. Maka pelaksanaan yang nyata ialah dengan membuka rekening efek. Contoh pelaksanaan lainnya yang bisa dilakukan ketika berkeluarga misalnya mengurus penggantian legalitas rumah dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) menjadi Akta Jual Beli, pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) usaha toko kelontong, pelaksanaan takeover kredit, dan sebagainya.

4. Evaluasi

Yang tak kalah penting dalam perencanaan keuangan keluarga ialah melakukan evaluasi atau financial review terhadap strategi finansial dan pelaksanaannya. Pertanyaan krusial yang perlu kamu perhatikan pada tahap ini ialah, apakah pelaksanaan sudah dilakukan secara rutin dan apakah hasilnya sesuai dengan hasil yang ingin dicapai oleh keluarga? Jika belum, apakah perlu melakukan improvisasi perencanaan dan pelaksanaan?

Sesudah melakukan ke-4 hal di atas, literasi keuanganmu dan keluarga akan tampak. Karena, jumlah kekayaan bersih yang ideal ialah ketika jumlah total keseluruhan aset jauh lebih besar dari jumlah total utang. Idealnya, jumlah utang keluarga tidak lebih dari 30% dari keseluruhan aset. Meski demikian, bukan berarti jika tidak punya utang, maka kondisi keuangan keluarga aman. Karena, jika kamu dan pasangan tidak mengelola aset dengan tepat, maka ini akan menimbulkan masalah di masa depan dengan risiko terbesar tidak dapat tercapainya tujuan finansial keluarga.

Baca Juga: Sukses di 2018, Astra Financial Tawarkan Banyak Program Menarik di GIIAS Jakarta 2019

Untuk membantu keluarga Indonesia mengantisipasi kegagalan mencapai tujuan finansial, hadirlah Astra Financial yang merupakan divisi layanan keuangan PT. Astra International Tbk yang memiliki misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, dengan memberikan layanan keuangan unggulan dan nilai terbaik, yang meliputi pembiayaan, asuransi, dan layanan perbankan secara terintegrasi melalui enam lembaga jasa keuangan (LJK) Astra Financial, yaitu PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), FIFGROUPAsuransi Astra, dan Astra Life.

Setelah sukses menjadi sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan GIIAS Surabaya 2019, Astra Financial kembali menawarkan berbagai program menarik sebagai sponsor utama GIIAS Jakarta 2019.

Jika saat ini kamu sedang berencana mewujudkan tujuan finansial seputar kepemilikan mobil serta layanan finansial pendukungnya, yuk datang ke GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung selama 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Selain dapat melihat-lihat merek-merek mobil teranyar, kamu juga bisa memperoleh layanan finansial dari lembaga pembiayaan Astra Financial.

Misalnya, ACC dan TAF menyediakan promo kredit mobil dengan benefit khusus berupa cicilan 0% untuk tenor 1 tahun. Promo ini bisa dinikmati dengan Down Payment (DP) mulai dari 25%. Selain itu, kamu juga bisa menikmati potongan biaya administrasi sebesar Rp1 juta. Tak ketinggalan juga promo menarik dari FIFGROUP untuk kredit motor berupa Bunga 0% dan DP mulai dari 20% serta hemat angsuran hingga Rp 3,5 juta untuk pembiayaan motor Honda Vario dan BeAT Series.

Baca Juga: Banjir Bunga Nol Persen Hingga Ribuan Hadiah Langsung dari Astra Financial di GIIAS 2019

Jika kamu memasukkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mobil atau big bike selama pameran berlangsung, kamu akan berkesempatan memenangkan hadiah undian lucky dip berupa 4 iPhone XS, 10 iWatch, 900 toiletry bag, 400 mini car diffuser, 486 dompet, dan 900 travel bag. Lalu, bagi SPK yang dinyatakan valid atau disetujui, kamu juga bisa mendapatkan hadiah langsung car trunk.

Selanjutnya dari Asuransi Astra, tersedia 150 Gift Set untuk pembeli asuransi komprehensif Garda Oto secara tunai.

Temukan juga berbagai promo menarik sebagai solusi kebutuhan finansial keluargamu, seperti program pembukaan rekening PermataTabungan Bebas dari PermataBank, yaitu berupa cashback 10% maksimal Rp500.000,- per bulannya diseluruh SPBU, Cashback 100% untuk transaksi pertama dan gratis tarik tunai di semua ATM Bank mana saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kamu juga bisa mengajukan kartu kredit AstraWorld PermataCard dengan mudah di GIIAS 2019 untuk memperoleh Cashback 10% di SPBU dan Cashback hingga Rp 500rb untuk aplikasi yang disetujui dan telah bertransaksi.

Untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa, Astra Life  memberikan promo spesial berupa cashback dan customer rewards untuk pembelian asuransi jiwa murni FlexiLife atau asuransi investasi AVA iBright Protector. Bagi kamu yang membeli kendaraan dengan fasilitas kredit dari TAF dan TAC, kamu juga akan mendapatkan asuransi jiwa kredit dari Astra Life.

Tunggu apa lagi? Untuk semua kebutuhan finansialmu, dapatkan solusi layanan finansial terbaik dari Astra Financial beserta ke-6 unit usahanya di GIIAS 2019.