Ingin Ambil Kredit Mobil di GIIAS Surabaya 2019? Simak Dulu Tips Kredit Mobil Sesuai Level Pekerjaanmu Berikut

kredit mobil di GIIAS Surabaya 2019

Halo arek Suroboyo! Jika kamu sedang mencari-cari mobil baru, yuk kunjungi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019, yang berlangsung dari 29 Maret 2019 sampai 7 April 2019, di Grand City Convex, Surabaya. Di pameran otomotif ini, kamu dapat melihat berbagai mobil keluaran terbaru dari agen tunggal pemegang merek (ATPM). Asyiknya lagi, kamu juga bisa memperoleh penawaran kredit menarik dari Astra Financial sebagai sponsor utama GIIAS Surabaya 2019.

Astra Financial merupakan perusahaan-perusahaan penyedia jasa keuangan yang bernaung di bawah PT Astra International Tbk. Enam LJK Astra Financial yang menjadi sponsor utama GIIAS Surabaya 2019 antara lain PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Serivices (TAF), Asuransi AstraFIFGROUP, dan Astra Life.

Sebelum mengambil kredit mobil, ada beberapa tips yang dapat membantumu dalam memilih kredit mobil sesuai dengan level pekerjaan. Apa saja, ya?

1. First jobber

Mengambil kredit mobil sesudah setahun atau dua tahun kerja adalah pilihan yang tepat. Mobil akan membantu memudahkan mobilitasmu dalam bekerja. Selain itu, mengambil kredit mobil akan membuatmu disiplin menyisihkan penghasilan untuk barang yang dapat membantu pekerjaanmu.

Langkah pertama, yang perlu dilakukan ketika ingin membeli mobil ialah mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Kedua, siapkan down payment (DP) dan biaya yang diperlukan. Umumnya, penyedia kredit mobil akan mensyaratkan DP minimal 20% dari total harga mobil.

Selain itu, ada beberapa biaya yang perlu disiapkan juga ketika pertama kali membeli mobil. Biaya ini bersifat umum, sehingga perlu disiapkan oleh setiap nasabah kredit mobil. Biaya tersebut antara lain:

Biaya administrasi. Umumnya biaya administrasi ini menyesuaikan tenor kredit yang diambil. Misalnya, tenor kredit setahun biasanya dikenakan biaya administrai sebesar Rp350.000, tenor dua tahun sebesar Rp450.000, dan seterusnya.

Biaya asuransi. Ada dua macam asuransi yang perlu dimiliki nasabah ketika mengajukan kredit mobil. Pertama, asuransi mobil yang melindungi mobil dari risiko kerusakan dan kecelakaan. Kamu tidak mau, kan, pengeluaranmu setiap bulan untuk menyicil mobil harus bertambah biaya bengkel jika mobil mengalami kecelakaan? Nah, umumnya biaya asuransi dengan jangka waktu kredit satu tahun hingga tiga tahun berkisar antara 7,5%-9,5% dari harga mobil. Asuransi kedua yang diperlukan nasabah kredit mobil ialah asuransi jiwa kredit. Dengan memiliki asuransi jiwa kredit, perusahaan asuransi akan meneruskan kredit jika nasabah tutup usia, sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak akan terbebani kredit tersebut.

Mengingat besarnya DP dan biaya yang harus disetor ketika pertama kali mengajukan kredit mobil, maka kamu perlu menabung biaya DP sejak jauh-jauh hari. Lebih bagus lagi jika kamu bisa menyetor DP di atas syarat minimal. Karena ini akan membuat cicilan kredit yang perlu kamu setor setiap bulan semakin kecil.

Ketiga, perhatikan nilai cicilan kredit mobil yang perlu kamu setor setiap bulan. Pastikan nilai cicilan per bulan tersebut tidak melebihi 30% dari penghasilanmu. Hal ini penting agar kredit mobil tidak mengganggu stabilitas keuanganmu.

Jika ternyata nilai cicilan ini lebih dari 30% penghasilanmu, kamu bisa coba langkah keempat, yakni memperpanjang masa tenor. Umumnya, kredit mobil menyediakan tenor mulai dari setahun hingga lima tahun. Kamu bisa menyesuaikan masa tenor ini sesuai dengan kemampuan ekonomi.

Tapi yang perlu diingat, semakin lama masa tenor, semakin lama pula kemungkinanmu bisa melunasi kredit. Jadi strategi kelima ialah, usahakan untuk melunasi kredit mobil lebih dahulu sebelum mengambil kredit lainnya.

Baca Juga: Ingin Kredit Mobil? Kenali Kelebihan dan Kekurangan DP Tunai vs Menyicil

 

GIIAS Astra Financial Surabaya 2019
Suasana booth Astra Financial di GIIAS Surabaya 2019 yang bertempat di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (24/3).

2. Supervisor atau manager

Bagi kamu yang sudah bekerja selama lima tahun hingga 10 tahun, mungkin berencana untuk upgrade mobil. Pertama-tama, sediakanlah DP sekitar 30%-40% dari harga mobil serta biaya-biaya yang telah diterangkan di atas, seperti biaya administrasi, dan biaya asuransi. Menyediakan DP lebih dari yang disyaratkan penting untuk diperhatikan oleh para manager.

Karena biasanya, di tahap ini pula pengeluaranmu sedang tinggi-tingginya. Ada kemungkinan kamu sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Boleh jadi juga kamu sedang mengambil studi lanjutan atau menanggung hidup orangtua. Dengan menyediakan DP lebih tinggi dari yang disyaratkan, maka cicilan yang perlu kamu bayar setiap bulan akan semakin ringan.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar kamu bisa menyetor DP lebih banyak. Misalnya, kamu bisa menabung terlebih dahulu sebelum mengganti mobil. Atau strategi lainnya ialah dengan menjual mobil yang kamu miliki saat ini, kemudian memakai uang hasil penjualan mobil lama untuk DP mobil baru.

Kedua, usahakan tenor tidak lebih dari tiga tahun. Karena, semakin lama waktu tenor, semakin lama pula finansialmu terbebani oleh utang. Sebaliknya, semakin singkat periode kredit, semakin cepat kamu bisa kembali leluasa mengalokasikan penghasilan untuk rencana-rencana di masa depan.

Kamu juga bisa memakai strategi ketiga untuk mempercepat masa tenor. Caranya ialah dengan memakai bonus dan penghasilan tambahan untuk menutup kredit mobil lebih cepat.

Baca Juga: Ingin Punya Mobil tapi Gaji Pas-pasan, Bisa di GIIAS!

3. Senior manager dan general manager

Setelah 10 tahun atau 20 tahun bekerja, kamu mungkin berencana menambah mobil atau kembali upgrade mobil. Jika di tahap ini kamu ingin mengambil kredit mobil, pastikan kembali bahwa mobil yang ingin kamu beli memang sesuai dengan kemampuan finansial.

Setelah itu, langkah pertama ialah menyediakan DP lebih tinggi lagi daripada ketika kamu masih menjadi manajer. Usahakan di tahap ini kamu bisa meningkatkan DP menjadi 50%. Selain itu, siapkan pula biaya administrasi dan biaya asuransi.

Di tahap ini pula, mungkin kamu memiliki kredit lainnya seperti kredit pemilikan rumah (KPR) atau utang kartu kredit. Sehingga langkah kedua yang perlu kamu perhatikan sebelum mengambil kredit mobil ialah, memastikan total cicilan kredit yang perlu kamu bayar setiap bulan tidak melebihi 30%.

Ketiga, usahakan mengambil tenor kredit yang paling singkat, misalnya antara satu tahun hingga dua tahun. Karena sebetulnya, lebih lama tenor kredit yang diambil, makin besar pula total kredit yang harus kamu bayar. Padahal, di saat yang bersamaan, nilai mobil selalu menurun setiap tahun. Sehingga, dengan mempersingkat waktu tenor, maka kamu bisa memperkecil selisih antara nilai kredit yang dibayar dengan penurunan nilai mobil.

Baca Juga: Trik Meminimalisasi Besarnya Angsuran Bulanan Kredit Mobil

Pilih promo kredit mobil menarik di GIIAS Surabaya 2019

Apapun level pekerjaanmu, Astra Financial punya sederet promo kredit mobil menarik selama pameran GIIAS Surabaya 2019 berlangsung. ACC dan TAF misalnya, menawarkan bunga super ringan sebesar 4,15% dan potongan biaya administrasi sebesar Rp500.000. Tak hanya itu, ada pula hadiah langsung untuk kamu yang memasukkan surat pemesanan kendaraan (SPK) dan diterima, serta penawaran hemat angsuran sebesar Rp1,5 juta-Rp3 juta.

Selain kredit mobil, kamu juga bisa mendapatkan promo kredit motor terbaik dari FIFGROUP. Di pameran GIIAS Surabaya 2019 kali ini, FIFGROUP menawarkan hemat angsuran hingga Rp3,5 juta. Ada pula special promo lucky deals, lucky draw berupa TV LED dan kulkas, serta direct gift berupa helm dan jaket keren.

Menarik, kan? Ingin memperoleh promo-promo kredit mobil menarik lainnya? Yuk, kunjungi pameran GIIAS Surabaya 2019 dan dapatkan penawaran terbaik persembahan dari Astra Financial.