Keuntungan Membayar Uang Muka Tinggi Saat Membeli Mobil

Uang Muka Tinggi Saat Beli Mobil

Saat membeli mobil dengan menikmati layanan pembiayaan kendaraan lewat kredit, tentunya kamu akan membayar uang muka kendaraan yang ingin dibeli. Pembelian kendaraan secara kredit ini tentunya bertujuan untuk menghindari risiko kesulitan keuangan di masa datang.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari risiko kesulitan keuangan karena membeli mobil, adalah dengan cara memilih kredit mobil dengan uang muka yang tinggi. Ya, memang kalau dilihat sekilas, kamu akan merasa berat di awal saat membayar uang muka yang tinggi. Namun, ada banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu membayar uang muka lebih tinggi saat membeli mobil.

Baca Juga: Mengatur Keuangan Saat Akan Beli Mobil

Besaran DP Kredit Mobil

Sejak 2012, tepatnya pada tanggal 15 Maret 2012, Bank Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14/10/DPNP yang menjelaskan mengenai penerapan manajemen risiko pada bank yang melakukan pemberian kredit. Melalui surat edaran tersebut, Bank Indonesia mewajibkan seluruh lembaga perbankan agar setiap kredit kendaraan roda dua dikenakan uang muka minimal 25 persen, sedangkan untuk DP kredit mobil atau kendaraan roda empat minimal 30 persen.

Cicilan Bulanan Lebih Kecil

Pada prinsipnya, semakin besar uang muka kredit mobil yang kamu bayarkan, maka semakin kecil pula nilai pinjaman. Jadi sama saja kamu akhirnya mengurangi beban cicilan bulanan yang akan kamu keluarkan setiap bulannya.

Tenor Pendek

Keuntungan lain bila kamu membayar uang muka lebih tinggi adalah tenor yang relatif pendek. Kamu tetap memiliki kesempatan mencicil sesuai dengan jumlah angsuran yang ditetapkan dan dapat menyelesaikan pelunasan kredit dengan segera.

Baca Juga: Keunggulan Beli Mobil Secara Kredit

Selisih Bunga Per Tahunnya

Dengan tenor yang lebih pendek pun kamu bisa mendapatkan keuntungan lain yaitu selisih bunga per tahunnya. Bayangkan misalnya kamu bisa mengambil tenor 3 tahun saja yang seharunya dari 5 tahun. Di selisih tiga tahun masa tenor itu, tidak ada bunga yang harus kamu bayarkan.

Selama pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, yang masih berlangsung hingga 12 Agustus 2018 ini, kamu bisa lebih mudah mengajukan kredit mobil lewat pembiayaan kendaraan dari Astra Financial melalui Toyota Astra Finance (TAF) atau Astra Credit Companies (ACC). Keuntungannya, ada promo bunga 0,88 persen yang bisa kamu dapatkan sebagai nasabah Astra Financial dengan membayar uang muka 30 persen dan tenor cicilan selama setahun.

Selain promo tersebut, kamu juga bisa memenangkan grand prize berupa satu Toyota Yaris dan satu Daihatsu Terios. Selain hadiah grand prize, ada banyak juga hadiah harian 8 Honda PCX, 8 Sepeda MTB, dan 8 Samsung Galaxy S9 yang bisa kamu menangkan.

Keuntungan ekstra saat membeli lewat kredit baik TAF maupun ACC, yaitu gratis 1 tahun proteksi TJH III senilai Rp25.000.000,00 dari Garda Oto. Ini akan sangat bermanfaat untuk kamu dalam melindungi cash flow apabila terjadi kecelakaan dan muncul tuntutan ganti rugi.