Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga #JadiMudah

Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga #JadiMudah

Mengatur keuangan keluarga lebih sulit daripada mengatur keuangan pribadi. Meski ada kemungkinan saat berkeluarga bertambahnya penghasilan dari dua pihak, namun tetap saja semua pendapatan itu berpengaruh terhadap bagaimana cara kamu mengatur keuangan keluarga.

Apalagi jika gajimu termasuk fixed income alias gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang sering kali naik turun. Dalam posisi ini diperlukan sekali kemampuan kamu untuk mengatur keuangan keluarga agar terhindar dari defisit keuangan.

Baca juga: Beli Mobil Pertama, Ketahui Hal Ini

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengelola keuangan keluargamu?

Buat Selalu Evaluasi Harian

Semua arus pengeluaran yang kamu dan keluarga lakukan sebaiknya dicatat dalam evaluasi harian. Mencatat segala pengeluaran dan pemasukan secara harian akan mempermudah kamu untuk melacak setiap detailnya. Catatan ini yang nantinya bisa menjadi bahan evaluasi mingguan atau bulanan bila terjadi defisit atau penambahan uang. Jadi, kamu bisa langsung menemukan solusi pos pengeluaran mana yang bisa membantu kamu berhemat dan pos mana yang membuatmu lebih menghabiskan uang.

Dream Plan

Tak bisa dipungkiri, memasang target atau rencana impian kamu dan keluarga bisa membuatmu makin berhati-hati untuk membelanjakan uang dengan cara lebih #Shopalogic. Kamu dan pasangan bisa membuat dream plan untuk jalan-jalan bersama, membeli mobil, atau disisihkan sebagai tabungan untuk biaya pendidikan anak nantinya. Jadi makin semangat kan untuk berhemat?

Menabung Saat Awal Gajian

Bisa jadi selama ini, kamu sudah melakukan dengan benar menabung di akhir bulan saat gaji sudah diterima. Memilih menabung saat awal gajian juga bisa kamu tambahkan dengan hasil penghematan dari bulan sebelumnya. Tetapkan besaran tabunganmu setiap bulannya. Bisa saja kamu menyisihkan hingga 30 persen dari pendapatan untuk ditabung.

Biar lebih hemat, sebaiknya kamu cari pilihan bank terbaik yang menawarkan banyak promo untuk nasabahnya. Promo-promo ini bisa kamu manfaatkan untuk semakin berhemat dalam pengeluaran. Salah satu promo terbaik yang bisa kamu dapatkan yaitu dari PermataBank. Setiap akhir pekan, mulai dari Jumat hingga Minggu kamu bisa manfaatkan promo JajanWiken dari brand-brand favorit seperti BreadTalk, J.CO, HokBen, Re.juve, Maqui’s, hingga PuYo.

Berlogika dalam Pemakaian Kartu Kredit

Ada banyak cara memanfaatkan berbagai promo dari kartu kredit. Berlogikalah menggunakan kartu kredit dan biasakan juga membayar tagihan sebelum limit waktu pembayaran. Agar kamu tidak kena berbagai denda yang harus dibayarkan.

Demi kelola uang lebih mudah, selain promo JajanWiken, kamu juga bisa belanja online lebih hemat dengan memanfaatkan promo SabtuHemat dengan potongan Rp100.000,00 untuk setiap transaksi menggunakan PermataKartuKredit dan PermataDebit Plus di Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Orami. Banyak untungnya, kan? Kamu jadi makin #Shopalogic!

Evaluasi dan Rencana Finansial Tahunan

Rencana keuangan itu sangat krusial, jadi sebisa mungkin di akhir tahun kamu harus membuat juga evaluasi finansialmu. Dari evaluasi tahunan ini, kamu bisa mempelajari beberapa hal di antaranya kebiasaan finansial keluarga hingga pos-pos pengeluaran rutin setiap tahunnya. Informasi ini sangat berguna untuk kamu dan pasangan menentukan lagi rencana keuangan tahun berikutnya.

Baca juga: Keunggulan Beli Mobil Secara Kredit

Disiplin

Sebesar apa pun penghasilan, sekecil apa pun pengeluaran, intinya bila kamu tidak bisa disiplin mengatur keuangan keluarga semuanya akan terasa tidak pernah cukup. Untuk berhemat dalam mengatur keuangan yang baik sebisa mungkin kamu harus menahan pengeluaran hanya karena iming-iming program diskon yang besar. Tetaplah prioritaskan kebutuhan bukan keinginan sesaat.

Selalu ada cara tepat mengatur keuangan keluarga, seperti cara-cara di atas yang bisa menjadi referensi pilihan sesuai kebutuhan kamu. Mulailah menabung di PermataBank dan nikmati berbagai fasilitas layanan premium yang bisa membantumu menghemat berbagai pengeluaran dan mengumpulkan tabungan keluarga.