Pakai Timeline Ini untuk Menghimpun Dana Pensiun di Usia 67

Menghimpun Dana Pensiun

Selagi masa produktif, apa Anda sudah memikirkan mengenai dana pensiun? Pada usia berapa Anda merencanakan untuk memulai masa pensiun Anda?

Biasanya, orang-orang akan memulai masa pensiunnya di usia sekitar 60 tahun. Lalu sayangnya, baru memikirkan mengenai bekal pensiunnya di usia 50 tahun. Sebagian memang sudah siap dengan dana pensiun dan persiapan masa tuanya. Namun, sebagian besar juga tidak punya persiapan sama sekali.

Dana pensiun seharusnya bisa menjamin hidup Anda dan keluarga setelah masa produktif Anda berakhir. Di lain pihak, dana ini juga bisa jadi sarana Anda untuk menambah usaha mendapatkan uang untuk tetap berusaha meningkatkan taraf hidup di masa tua.

Anda yang baru menginjak usia dini, ada baiknya sudah mulai memikirkan untuk mengumpulkan dana pensiun. Di awal mula Anda menapakkan karier ini adalah waktu yang tepat. Secara waktu, Anda punya jaminan masa pensiun yang akan indah secara finansial.

Kalau mau nyaman dan sejahtera di masa pensiun berapa kira-kira yang harus Anda tabung? Pertanyaan ini, sebenarnya sangat personal dan kembali kepada gaya hidup dan pengeluaran Anda. Saran dari banyak ahli dalam hal mempersiapkan tabungan masa pensiun adalah sebesar 10 persen. Nominal itu cukup untuk Anda sebagai newbie dan baru ingin memulai menabung dana pensiun.

Satu trik yang mungkin Anda juga suka untuk memberi semangat menabung dana pensiun adalah trik dari David Bach. David Bach yang juga merupakan penulis, The Automatic Millionaire, mengatakan bahwa hargai diri Anda sendiri. Saran untuk menghargai diri Anda sendiri ini menurut David Bach, “Jika Anda tidak menabung sebanyak penghasilan Anda sekarang, Anda hanya bekerja untuk orang lain dan akhirnya tidak cukup untuk diri Anda sendiri.”

Baca juga: 5 Aplikasi Atur Keuangan saat Liburan

Sedangkan laporan dari International Longevity Center (ILC), Inggris, organisasi yang memfokuskan diri mereka dengan berbagai tantangan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat juga pemerintah dalam konteks perubahan demografik, setidaknya Anda harus menabung sebesar 11 persen, lebih ideal lagi hingga 20 persen. Itu pun bila memang Anda berniat untuk mencapai “taraf penghasilan pensiunan” yang memadai. Hitungan besarnya adalah sekitar 70 persen dari jumlah semua penghasilan Anda selama masa aktif Anda bekerja hingga pensiun.

Bukan hal yang mustahil untuk Anda mewujudkan impian sejahtera di masa pensiun bersama keluarga dengan jumlah “taraf penghasilan pensiun” yang memadai. Kalau Anda punya rencana yang sama dengan rancangan timeline yang dibuat oleh ILC, yaitu pensiun di usia 67 tahun maka Anda harus mengikuti aturan ini saat menabung:

Estimasi dari 100 persen gaji Anda, pengeluaran sebesar 35 persen. Jadi jumlah yang ditabung adalah 65 persen. Misalkan:

Gaji Anda per bulan: Rp5.000.000,00.

Maka, pengeluaran Anda sebesar Rp1.750.000,00 dan jumlah uang yang ditabung per bulan sebesar Rp3.250.000,00. Dengan estimasi tabungan sebulan Rp3.250.000,00 maka setahun Anda bisa memiliki tabungan sebesar Rp39.000.000,00. Maka dalam 10 tahun, uang tabungan bisa mencapai Rp390 juta, dan berkali lipat sejalan dengan lamanya Anda menabung.

Tentu saja, rencana tidak selalu berjalan seirama dengan realita kehidupan yang Anda alami. Sepanjang prosesnya mungkin Anda bisa menyesuaikan sendiri bagaimana caranya Anda mengumpulkan dana pensiun sesuai kebutuhan Anda. Namun, komitmen yang teguh akan memudahkan langkah Anda. Dan akan sangat baik bila Anda pun mencari berbagai pengetahuan yang Anda butuhkan dari seorang profesional. Anda bisa memanfaatkan pelayanan Astra Financial untuk mengambil langkah-langkah bijak dalam kehidupan Anda dan memastikan tujuan masa depan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *