Ketahui Lima Istilah di Pameran Otomotif Ini Sebelum ke GIIAS Medan 2019

Ajang pameran otomotif tahunan terbesar di Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar di Medan minggu depan. Akan berlangsung selama lima hari pada tanggal 23-27 Oktober 2019, GIIAS akan menjadi ajang untuk mengetahui perkembangan industri otomotif Indonesia, sekaligus tempat dimana Anda dapa mewujudkan impian untuk memiliki kendaraan dengan tawaran harga yang bersaing.

Nah, sebagai persiapan mengunjungi pameran nanti, mari ketahui berbagai istilah yang biasa digunakan pada saat pameran otomotif. Agar proses kepemilikan kendaraan Anda lebih lancar.

Baca juga: Astra Financial akan hadir di GIIAS Medan 2019

Booking Fee 

Berbeda dengan uang muka atau downpayment, Booking Fee atau uang tanda jadi merupakan penanda keseriusan seseorang ketika membeli kendaraan. Booking Fee biasanya hanya diperuntukkan untuk pembelian kendaraan yang masih dalam tahap pre-order dengan nominal yang beragam, dilakukan secara tunai atau pun melalui transfer bank.

 

Baca juga: Ketahui hal berikut sebelum membeli mobil

Down Payment 

Jika unit kendaraan yang diinginkan telah siap dan tersedia, Anda akan diminta untuk melunasi Down Payment atau  uang muka. Berbeda dari Booking Fee yang jumlahnya relatif kecil, DP biasanya memiliki jumlah yang lebih besar. Tapi jangan khawatir, Anda dapat bekerja sama dengan lembaga pembiayaan untuk menikmati layanan pembelian kendaraan dengan cara kredit atau cicilan.

Pilih lembaga pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia juga telah terbukti memiliki track record yang baik seperti Astra Credit Companies (ACC) atau TAF brand dari PT Toyota Astra Financial Services, yang keduanya merupakan layanan jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial.

SPK dan SPM

Istilah selanjutnya berkaitan dengan dokumen yang perlu dilengkapi, yatitu SPK yang merupakan Surat Pemesanan Kendaraan atau biasa juga disebut SPM atau Surat Pemesanan Mobil. Beberapa data yang harus dilengkapi diantaranya :

  1. Data diri yang nantinya akan tertera di BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).
  2. Keterangan tipe mobil, warna mobil, dan harga yang disetujui.

Angsuran dan Tenor

Jika kemudian Anda memutuskan untuk menggunakan layanan keuangan untuk membeli kendaraan di GIIAS Medan 2019, maka Anda perlu mengetahui nominal yang harus Anda bayarkan per-bulannya, selama periode waktu yang telah ditentukan. Periode waktu  atau jangka waktu inilah disebut dengan Tenor. Tenor pinjaman dapat berbeda tergantung dengan jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran. Biasanya, jika nominal pinjaman kecil, maka tenor pinjaman bisa menjadi lebih singkat.

ADDM dan ADDB

Dalam melakukan kredit kendaraan-khususnya mobil, terdapat berbagai pilihan hitungan kredit. Misalnya ADDM atau Angsuran Dibayar di Muka dan ADDB berarti kamu memilih angsuran dibayar di belakang. Bila Anda memilih ADDM, maka Anda perlu membayar angsuran pertama bersamaan dengan uang muka sehingga jumlah tenor kredit akan berkurang satu bulan. Namun jika Anda memilih ADDB saat membeli mobil di GIIAS Medan nanti, Anda hanya perlu membayar uang muka saja dan periode kredit akan tetap sesuai dengan kesepakatan yang diambil dengan lembaga pembiayaan.

Semoga informasi ini membantumu ketika berkunjung di GIIAS Medan 2019 ya. Jangan lupa kunjungi juga booth Astra Financial yang akan hadir dengan Enam Layanan Jasa Keuangan terpercaya Astra. Ikuti juga social media @astrafinancials untuk mengetahui promo yang akan ada di GIIAS Medan 2019 nanti!