UMKM ASTRA FINANCIAL DI FINEXPO: UMKM binaan Astra Credit Companies (ACC), salah satu unit bisnis Astra Financial, yaitu Dmollis dan Jirou turut meramaikan gelaran FinEXPO di Pakuwon Mall Yogyakarta.

 

Yogyakarta, 27 Oktober 2023 – Astra Financial, divisi jasa keuangan dari PT Astra International Tbk, berpartisipasi dalam FINEXPO 2023 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). FINEXPO adalah kegiatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia yang diinisiasi OJK sebagai puncak acara Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diperingati pada bulan Oktober setiap tahunnya.

 

Kehadiran Astra Financial di FINEXPO turut mengikutsertakan salah satu UMKM binaan dari unit bisnis Astra Credit Companies (ACC), yaitu Dmollis. Dmollis merupakan UMKM yang bergerak di bidang produksi home living yang berdiri sejak 2014. Pendampingan dari Astra Credit Companies berbentuk dana bergulir yang membuat Dmollis dapat tetap bertahan selama pandemi.

 

Pemilik UMKM Dmollis, Kartika Dwi Putri atau biasa akrab disapa Tika mengatakan bahwa pembinaan yang diberikan ACC sangat bermanfaat bagi usahanya. “Terima kasih banyak kepada pihak Astra Credit Companies (ACC) selaku unit bisnis Astra Financial yang telah mendukung usaha Dmollis hingga dapat berkembang sampai saat ini. Sejumlah dukungan dan pembinaan yang diberikan telah menjadikan kami mendapatkan motivasi lebih untuk terus berinovasi menciptakan karya kerajinan dengan kualitas tertinggi. Harapannya lebih banyak pengusaha UMKM dapat terus didukung untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM Indonesia.”

 

Pemilik UMKM Dmollis merasakan manfaat pendampingan secara personal dan pembelajaran penggunaan media digital secara efektif yang berkontribusi positif terhadap peningkatan profit serta perkembangan bisnis Dmollis. 

 

Pada awalnya, Dmollis produksi produk kerajinan tangan yang untuk keperluan pribadi dikembangkan menjadi usaha skala kecil. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bisnis ini semakin berkembang dan produknya semakin beragam. Terutama dengan pembinaan yang diberikan oleh salah satu unit bisnis Astra Financial, Astra Credit Companies yang telah membantu meningkatkan exposure Dmollis melalui penggunaan media digital,” tutur Tika.  

 

Sebagai produsen scented candle handmade, Dmollis telah melakukan diversifikasi produk ke baju anak, pouch, clutch, dan steering cover. Produk-produknya telah diekspor ke Afrika dan Malaysia.

 

Selain Dmollis, Astra Financial turut membawa UMKM lainnya yang juga dimiliki oleh Tika, yaitu Jirou. Usaha ini memproduksi gift chocolate yang memiliki produk unggulan berupa gradient chocolate. Jirou menjadi bukti nyata dari rangkaian inovasi yang dilakukan oleh pemilik UMKM. 

 

Dengan partisipasinya di FINEXPO 2023, Astra Financial berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat termasuk dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

SHARE

Berita Lainnya

  • Published On: April 2, 2024

    Literasi Keuangan dan Digital Kunci Keamanan Bertransaksi Digital

    4.4 min read
  • Published On: Maret 5, 2024

    Wow! TUMBUH by Astra Financial Penuh Promo Menarik, Menangkan Undian Sepeda Motor

    3.1 min read
  • Published On: Februari 7, 2024

    Astra Financial Jadi Official Financial Partner GIICOMVEC 2024, Dukung Pertumbuhan Industri Kendaraan Komersial

    2.9 min read
  • Published On: Januari 24, 2024

    Tembus Penjualan 16 Ribu Unit Mobil, SEVA Cetak GMV Senilai Rp 8,4 triliun di 2023

    0.9 min read