Cara Mengatasi Krisis Finansial Keuangan Keluarga

Cara Mengatasi Krisis Finansial Keuangan Keluarga

Membuat keputusan untuk menikah dan berumah tangga, tentu akan mempengaruhi pola hidup seseorang, termasuk kehidupan finansialnya. Saat menikah dan berkeluarga seseorang perlu memikirkan kebutuhan biaya, aset, tabungan, investasi, serta proteksi yang bisa memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi krisis finansial keuangan keluarga.

Risiko akan krisis finansial keluarga juga perlu diketahui, mulai dari risiko anggota keluarga sakit, risiko kecelakaan mobil, risiko tempat tinggal atau tempat usaha kebakaran atau terkena bencana, risiko pencari nafkah menderita cacat tetap sehingga tidak bisa bekerja, hingga risiko pencari nafkah meninggal. Jika tidak dikelola dengan baik, risiko ini dapat menguras tabungan keluarga dan parahnya, berujung pada utang. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan tahu bagaimana cara mengatasi krisis finansial keuangan keluarga lewat antisipasi perlindungan asuransi berikut.

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi bagi tertanggung dari risiko meninggal dunia. Dalam hal ini, asuransi jiwa menyediakan Uang Pertanggungan (UP) yang bisa bermanfaat sebagai pengganti penghasilan bagi keluarga yang ditinggalkan jika pencari nafkah tutup usia. Dengan begitu, keluarga dapat tetap melanjutkan hidup, memenuhi kebutuhan biaya sehari-hari, serta mencapai rencana-rencana masa depan, seperti memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak.

Ada dua macam asuransi jiwa yang bisa Anda pertimbangkan, yakni asuransi jiwa murni atau yang tradisional, serta asuransi jiwa dan investasi atau unit link.

  • Asuransi jiwa murni

Merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa bagi tertanggung. Asuransi ini menawarkan manfaat berupa UP yang bisa dicairkan saat tertanggung tutup usia. UP ini akan berguna bagi keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup dan mencapai tujuan-tujuan keuangan meskipun sang pencari nafkah telah wafat.

Asuransi ini tidak mengandung nilai tunai. Itu sebabnya, nasabah tidak akan menerima pengembalian premi yang telah dibayar. Karena hanya menyediakan UP tanpa nilai tunai, maka kelebihan asuransi jiwa murni terletak pada nilai premi yang lebih terjangkau dan manfaat yang optimal.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Asuransi Yang Keliru Ini Perlu Kamu Ketahui!

Salah satu asuransi jiwa murni yang bisa kamu pertimbangkan ialah Flexi Life, asuransi jiwa ultra fleksibel pertama di Indonesia persembahan dari Astra Life. Dengan Flexi Life, kamu bisa #AturSendiri perlindungan dan premi sesuai dengan kebutuhan. Tak tanggung-tanggung, dalam satu polis yang berlaku seumur hidup, kamu bisa memperoleh perlindungan hingga Rp5 miliar.

Sebagai contoh, ketika kamu berusia 27 tahun dan memiliki satu anak, kamu bisa menetapkan UP sebesar Rp1 miliar. Hanya dengan premi sebesar Rp250.000 per bulan.  Saat menginjak usia 30 tahun dan telah memiliki dua anak, kamu bisa meningkatkan perlindungan ini menjadi Rp1,5 miliar dengan premi sebesar Rp402.000 per bulan.

  • Asuransi jiwa dan investasi (unit link)

Merupakan asuransi jiwa yang menyediakan dua manfaat sekaligus, yakni perlindungan jiwa yang diberikan dalam bentuk UP serta nilai tunai yang berasal dari pengembangan investasi. UP pada asuransi jiwa unit link dapat dicairkan ketika tertanggung tutup usia. Sementara nilai tunai pada unit link dapat dicairkan dalam kurun waktu tertentu yang disepakati dalam polis. Nilai tunai ini tentu dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, misalnya dana pendidikan, ibadah haji, atau dana pensiun.

Karena mengandung nilai tunai, maka premi yang perlu dibayar nasabah untuk asuransi jiwa unit link lebih tinggi daripada premi asuransi jiwa tradisional. Kemudian, seperti investasi pada umumnya, nilai tunai yang terdapat pada unit link juga bersifat fluktuatif, atau bergerak seiring dengan pergerakan pasar modal. Asuransi ini cocok untuk kamu yang menginginkan perlindungan jiwa sekaligus investasi dalam satu produk.

Salah satu asuransi jiwa unit link yang patut kamu pertimbangkan ialah AVA iBright Protector dari Astra Life. Dalam satu polis AVA iBright Protector, pemegang polis akan memperoleh manfaat perlindungan jiwa, manfaat terminal illness seperti stroke dan jantung, manfaat cacat total dan tetap, serta nilai tunai.

Baca Juga: 5 Prioritas Yang Wajib Diutamakan Keluarga Muda

2. Asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga

Ketika masih lajang, mungkin kamu telah memiliki asuransi kesehatan secara mandiri atau secara kolektif dari kantor. Ketika sudah menikah dan berumah tangga, sudah saatnya kamu mempertimbangkan memiliki asuransi kesehatan yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga. Asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga ini akan memberikan manfaat penggantian biaya pengobatan jika ada anggota keluarga yang jatuh sakit. Umumnya, asuransi kesehatan keluarga ini menyediakan premi yang lebih terjangkau ketimbang asuransi kesehatan individu.

3. Asuransi mobil

Setelah berkeluarga, kepemilikan mobil juga menjadi penting untuk mendukung kegiatan sehari-hari seperti berkendara ke kantor, mengantar anak ke sekolah, atau jalan-jalan. Karenanya, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi mobil. Ada dua macam asuransi mobil yang ada di pasaran:

  • Total loss only, yakni asuransi yang memberikan perlindungan asuransi ketika kendaraan hilang total atau mengalami kerusakan di atas 75%.
  • All risk atau comprehensive, yakni asuransi mobil yang melindungi risiko kecil maupun besar seperti lecet atau hilang.

Begitu banyak pilihan asuransi mobil yang bisa kamu pertimbangkan, misalnya Garda Oto, asuransi mobil persembahan Asuransi Astra. Selain memberikan perlindungan jenis total loss only dan comprehensive, Garda Oto memiliki kelebihan dalam hal perluasan jaminan. Selain itu, Garda Oto juga dilengkapi dengan Garda Siaga, layanan bantuan darurat yang memberikan jasa emergency roadside assistance (ERA) berupa jasa derek mobil, angkut mobil, serta emergency medical assistance (EMA) yang dilengkapi ambulans.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Saat Ingin Membeli Mobil 

4. Asuransi kebakaran dan harta benda

Perlindungan harta benda juga penting. Itu sebabnya kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kebakaran dan harta benda jika ingin melindungi bisnis atau usaha. Asuransi ini memberikan ganti rugi jika usaha dan harta bendamu mengalami kerusakan akibat kebakaran atau hal tak terduga lainnya seperti bencana alam.

Itulah beberapa macam asuransi yang perlu kamu perhitungkan jika sudah menikah dan berkeluarga untuk menghindarkan diri dari krisis finansial. Dengan memiliki asuransi, kamu tak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang besar jika terjadi risiko.

Jika kamu saat ini sedang mencari asuransi untuk keluarga, kamu bisa memanfaatkan promo spesial persembahan Astra Financial di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung selama 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten dan selanjutnya di Medan pada tanggal 23-27 Oktober di Santika Convention Center, Hotel Santika Premier Dyandra, Medan.

Baca Juga: Beli Mobil dan Motor di GIIAS 2019 Jadi Mudah dengan Layanan Pembiayaan dari Astra Financial

Mau promo kredit mobil? Mencari kredit motor? DP ringan dan cashback serta beragam hadiah? Temukan di Astra Financial, tepatnya di GIIAS Medan minggi ini ya!

Nah setelah mengetahui cara mengatasi krisis finansial keuangan keluarga. Selamat berburu layanan finansial terbaik di GIIAS 2019.