Tips Mudah Mewujudkan Impian Beli Mobil Baru

tips beli mobil baru

Keberadaan mobil sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat urban dewasa ini. Mobil bisa memudahkanmu berangkat ke kantor, mengantar-jemput anak ke sekolah, mengantar anggota keluarga ke rumah sakit, atau dipakai jalan-jalan di akhir pekan. Mengingat berbagai manfaat ini, tak heran jika banyak orang ingin memiliki mobil pribadi meski kendaraan online menjamur. Bagaimana tips mudah mewujudkan impian beli mobil baru?

Memang, harga mobil yang mahal masih menjadi kendala bagi kebanyakan orang. Jika kamu sedang menimbang-nimbang untuk membeli mobil, tak perlu khawatir. Karena saat ini, kamu bisa membeli mobil dengan mudah dengan mengakses fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dari perbankan atau dari lembaga pembiayaan (leasing) seperti ACC dan TAF.

Dengan fasilitas kredit ini, kamu bisa tidak perlu berlama-lama menabung dana untuk membeli mobil. Asal Down Payment (DP) sudah di tangan, kamu bisa membeli mobil dengan fasilitas kredit. Dengan demikian, kebutuhanmu akan mobil bisa segera terpenuhi.

Enaknya lagi, kamu bisa menemukan kredit mobil dengan promo menarik dengan menyambangi  GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung selama 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Selain bisa melihat mobil keluaran teranyar, di pameran tersebut kamu juga bisa menikmati berbagai promo spesial dari Astra Financial. Nah, simak tips beli mobil baru di bawah ini ya.

Tips yang harus disiapkan untuk mengumpulkan dana beli mobil baru

Di tahap awal, yang perlu kamu lakukan ialah mengumpulkan DP yang umumnya 25% dari harga mobil. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya asuransi mobil yang besarannya sekitar 3% dari harga mobil dan biaya administrasi. Sehingga, untuk amannya, kamu bisa menyediakan dana awal, atau yang sering disebut Total Down Payment (TDP), sebesar 30% dari harga mobil. Nah, agar kamu bisa mengumpulkan TDP tersebut, ada beberapa tips menyiapkan DP untuk beli mobil yang bisa membantu.

1. Kumpulkan TDP dalam setahun

Caranya ialah dengan menyisihkan 30%-40% dari gaji bulanan untuk TDP mobil. Jika kamu punya penghasilan Rp10 juta per bulan, artinya kamu bisa menyisihkan Rp3 juta-Rp4 juta setiap bulan. Sehingga dalam setahun, kamu bisa mengumpulkan Rp36 juta-Rp48 juta.

Baca Juga: Keuntungan Membayar Uang Muka Tinggi Saat Membeli Mobil

2. Cari mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial

Mencari mobil yang sesuai dengan isi kantong penting agar kamu tidak terjerat beban finansial yang berat. Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengukur kemampuan finansial:

  • Artinya, kamu bisa mencari mobil dengan harga sekitar Rp150 juta. Jika kamu mengincar mobil dengan harga lebih tinggi dari harga tersebut, artinya kamu perlu menyisihkan uang tabungan lebih dari 40% per bulan atau memperpanjang waktu menabung untuk beli mobil sampai target TDP terkumpul. Pada tahap ini, penting bagi kamu untuk mementingkan tujuan fungsional ketimbang gengsi.
  • Pilih tenor sesuai dengan kemampuan membayar cicilan bulanan. Idealnya, cicilan kredit yang mesti kamu bayar setiap bulan tidak melebihi 30% dari penghasilan. Karena, rasio 30% merupakan perbandingan yang sehat antara utang dan penghasilan. Jadi, jika penghasilanmu Rp10 juta per bulan, usahakan untuk membayar cicilan kredit tidak lebih dari Rp3,3 juta per bulan. Misalnya mobil yang hendak kamu beli harganya Rp150 juta dan TDP Rp48 juta, berarti sisa kredit yang mesti kamu bayar ialah Rp102 juta. Dengan asumsi cicilan kredit yang ingin kamu bayar ialah Rp3 juta per bulan, maka tenor yang ideal untuk mengambil KKB ialah tiga tahun.

3. Kumpulkan penghasilan lainnya untuk TDP mobil

Untuk mempercepat waktu pengumpulan atau memperbesar TDP, kamu bisa mengumpulkan penghasilan lain-lain di luar gaji seperti bonus prestasi, Tunjangan Hari Raya (THR), dan penghasilan tambahan untuk menambah tabungan mobil.

Baca Juga: 4 Jenis Mobil Murah dan Irit yang Tak Bikin Kantong Menjerit

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat beli mobil baru?

Membeli mobil baru memiliki kelebihan yakni kualitas mobil yang lebih terjamin dan konsumen terhindar dari penipuan. Agar kamu bisa membeli mobil yang tepat, ikuti tips beli mobil baru berikut.

1. Cari review mobil

Galilah informasi sebanyak mungkin mengenai mobil yang hendak kamu beli dengan membaca review di internet atau Youtube. Yang perlu kamu ketahui ialah kelebihan dan kekurangan mobil tersebut serta spesifikasi sesuai kebutuhan.

tips beli mobil baru buat pemula
Sebelum beli mobil baru, gali dulu kelebihan dan kekurangan mobil tersebut serta spesifikasi sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika kamu single, sah-sah saja kalau kamu membeli mobil city car. Namun, kalau kamu sudah berkeluarga, mungkin saatnya melirik mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Kamu juga perlu mencari tenaga mobil yang sesuai kebutuhan. Jangan sampai kamu membeli mobil bertenaga besar, padahal dengan aktivitasmu sehari-hari, mobil dengan tenaga standar saja sudah cukup. Perhatikan pula fitur pendukung lainnya seperti entertainment, keamanan, pendingin, dan sebagainya.

2. Cek harga pasar

Ini penting agar kamu bisa mengukur apakah mobil yang kamu taksir sesuai dengan kemampuan finansial. Selain itu, mengecek harga pasar juga penting agar kamu tidak membeli dengan harga lebih mahal dari harga pasar. Ada baiknya memilih jenis mobil dengan harga jual kembali yang stabil, alias tidak turun jauh. Ketika sudah menemukan dealer yang menawarkan harga yang pas, jangan sungkan untuk menawar. Kamu juga bisa menemukan harga mobil terbaik dengan mengunjungi pameran otomotif. Karena biasanya, dalam ajang tersebut distributor mobil beserta layanan pendukungnya seperti lembaga pembiayaan kendaraan dan asuransi mobil akan menawarkan promo menarik.

3. Cek biaya perawatan

Jangan lupa pula untuk mengecek biaya perawatan yang perlu kamu keluarkan untuk merawat mobil tersebut. Dalam hal ini, kamu perlu mengecek harga suku cadang, biaya perawatan, konsumsi bahan bakar, dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

4. Pilih dealer terpercaya

Pilih dealer yang merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan menyediakan service network yang luas dan mudah dikunjungi.

5. Test drive

Jangan sungkan untuk mengambil kesempatan test drive sebelum membeli mobil. Apalagi untuk jenis-jenis mobil yang tidak banyak diulas di forum-forum otomotif. Yang perlu kamu perhatikan saat test drive adalah mencoba beradaptasi dengan sistem transmisi, akselerasi mesin, handbrake, juga mengetahui berbagai teknologi yang ditawarkan seperti entertainment system, fasilitas internet, bluetooth, power chargingsunroof, AC, power window, kenyamanan kursi pengemudi dan kursi penumpang, dashboard, dan sebagainya.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Test Drive Sebelum Membeli Mobil

6. Pilih lembaga pembiayaan kredit terpercaya

Terakhir, kamu perlu memilih lembaga pembiayaan kendaraan terpercaya. Lembaga pembiayaan kendaraan yang baik biasanya akan menyediakan asuransi kredit bagi nasabahnya. Jika kamu ingin membeli mobil, kamu dapat mengajukan aplikasi leasing ke Astra Credit Companies (ACC), lembaga pembiayaan kendaraan di bawah naungan Astra Financial yang menyediakan fasilitas kredit untuk mobil baru.

 

Nikmati berbagai promo kredit mobil menarik di GIIAS 2019

Dalam pameran GIIAS 2019, ACC dan TAF menyediakan promo kredit mobil untuk semua merek dan semua tipe mobil. Kamu bisa memperoleh benefit khusus berupa cicilan 0% untuk tenor 1 tahun. Promo ini bisa dinikmati dengan Down Payment (DP) mulai dari 25% dan angsuran pertama dibayar bersama dengan DP (ADDM). Selain itu, kamu juga bisa menikmati potongan biaya administrasi sebesar Rp1 juta.

Jika kamu memasukkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mobil atau big bike selama pameran berlangsung, kamu akan berkesempatan memenangkan hadiah undian lucky dip berupa 4 iPhone XS, 10 iWatch, 900 toiletry bag, 400 mini car diffuser, 486 dompet, dan 900 travel bag. Lalu, bagi SPK yang dinyatakan valid atau disetujui, kamu juga bisa bisa mendapatkan hadiah langsung car trunk.

Baca Juga: Beli Mobil dan Motor di GIIAS 2019 Jadi Mudah dengan Layanan Pembiayaan dari Astra Financial

Bagi kamu yang ingin mulai menyiapkan DP mobil, kamu juga bisa membuka PermataTabungan Bebas di booth PermataBank Hall 7 di GIIAS 2019. Dengan semangat #SayangUangnya, PermataBank ingin mengajak kamu untuk memulai kebiasaan baik dengan berhemat dan menabung. Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membuka PermataTabungan Bebas di GIIAS 2019. Di antaranya, kamu bisa memperoleh cashback 10% hingga Rp500.000 per bulan. Lalu, kamu bisa memperoleh cashback 100% untuk transaksi pertama.

Semoga tips beli mobil baru ini berguna untuk kamu yang berencana datang ke GIIAS 2019 tahun ini ya. Bagaimana, siap menyiapkan DP untuk beli mobil? Kalau sudah, selamat berburu mobil dan mulai menyiapkan, ya. Semoga berhasil!