Datang ke GIIAS 2018, Yuk Kenali 10 Istilah Asuransi Kendaraan Berikut Ini!

Istilah Asuransi Kendaraan

Bagi kamu yang hendak membeli mobil pertama kali, ada baiknya kamu juga memahami istilah-istilah yang biasa digunakan dalam asuransi kendaraan bermotor. Pasalnya, saat kamu membeli sebuah mobil secara kredit, paket asuransi ini sudah bisa langsung kamu dapatkan. Kamu cukup memilih jenis asuransi kendaraan yang kamu inginkan apakah Total Loss Only (TLO) atau Komprehensif.

Nah, supaya tahu lebih dalam manfaat setiap asuransi itu, maka kamu perlu kenali lebih dulu 10 daftar istilah asuransi kendaraan bermotor berikut ini:

1. Polis

Suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian. Pada akta yang dibuat secara tertulis itu dinamakan “polis”.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Kendaraan

2. Premi

Nilai uang yang dibayarkan tertanggung kepada pihak penanggung sebagai imbalan atas layanan jaminan yang diberikan. Pembayarannya bisa dilakukan sekaligus yang berlaku sepanjang tahun atau bulanan. Nilai ini di luar biaya administrasi dan bea materai.

3. Total Loss Only (TLO)

Salah satu jenis asuransi kendaraan bermotor yang memberikan jaminan kerugian bila kendaraan mengalami kecelakaan dengan biaya perbaikan kerusakan di atas 75%, kendaraan terbakar, hilang akibat dicuri maupun perampasan paksa. Namun bila kendaraan Anda hanya mengalami kerusakan kecil seperti baret di bodi mobil, spion patah, atau kerusakan kecil lain, maka pemilik tidak bisa mengklaim asuransi.

Baca Juga: Mitos Seputar Asuransi Yang Keliru

4. Komprehensif

Ini adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang memberikan proteksi terhadap segala bentuk kerugian, mulai dari kerusakan ringan seperti lecet, kerusakan berat, hingga kehilangan. Karena perlindungan yang diberikan lebih menyeluruh, biaya perlindungan asuransi model komprehensif pun cenderung lebih mahal dibandingkan TLO.

5. Harga pertanggungan

Harga pertanggungan adalah nilai beli kendaraan bermotor saat dibuatnya polis asuransi. Harga ini tercantum dalam polis asuransi dan menjadi batas maksimum tanggung jawab pihak asuransi.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Asuransi Yang Tepat dan Menguntungkan

6. Harga sebenarnya

Harga sebenarnya adalah nilai hasil penjualan yang dapat diperoleh atas kendaraan bermotor dengan merek, tipe, model, dan tahun yang sama sebagaimana tercantum pada polis di pasar bebas sesaat sebelum terjadinya kerugian dan atau kerusakan.

7. Risiko sendiri (own risk)

Risiko sendiri adalah jumlah tertentu yang menjadi tanggungan Tertanggung untuk setiap kejadian.

8. Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III)

TJH III adalah jaminan mengganti kerugian kepada pihak ketiga yang disebabkan oleh kendaraan yang menjadi obyek pertanggungan. Sebagai contoh, jika kamu terlibat kecelakaan hingga menyebabkan mobil orang lain rusak, maka pihak asuransi yang akan menanggung ganti rugi mobil tersebut. Ini adalah salah satu bentuk perluasan asuransi yang bisa dimintakan ke perusahaan asuransi.

9. Penggunaan Komersial

Penggunaan komersial adalah penggunaan atas kendaraan bermotor tersebut untuk disewakan atau menerima balas jasa. Apabila kamu menggunakan mobilmu untuk taksi online, pastikan kamu sudah lapor ke perusahaan asuransimu untuk mengganti jenis penggunaan dari pribadi menjadi komersial.

10. Bencana (act of god/AOG)

AOG adalah jaminan jaminan terhadap kerugian keuangan / kerusakaan atas kendaraan akibat peristiwa geologi dan meterologi seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, angin puyuh, badai, topan, tanah longsor, banjir. Jaminan ini termasuk ke dalam jenis perluasan perlindungan.

***
Nah, sudah menyimak 10 istilah penting dalam asuransi kendaraan bermotor kan? Kini saatnya memilih asuransi kendaraan bermotor yang terbaik! Untuk menentukan asuransi terbaik, maka kamu perlu mempertimbangkan aspek kemudahan klaim, jaringan bengkel yang bekerja sama dengan asuransi tersebut, hingga kredibilitas perusahaan asuransi itu.

Tak perlu pusing karena ketiga hal tersebut sudah dimiliki oleh asuransi mobil milik Asuransi Astra, yaitu Garda Oto. Garda Oto bahkan memanjakanmu dengan fasilitas home survey dan delivery service. Dalam layanan home survey,petugas Garda Oto yang nantinya akan mendatangi rumahmu untuk melihat kondisi kendaraan untuk mengecek kerugian yang timbul. Setelah itu, kendaraan akan diantar ke bengkel dan dikembalikan lagi ke pemiliknya lewat layanan delivery service. Sederhana bukan?

Jika kamu hendak membeli mobil baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Garda Oto juga sedang memberikan promo untuk pembelian mobil melalui ACC. Kamu akan mendapat tambahan gratis perluasan perlindungan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga senilai Rp25 juta untuk tenor 1 hingga 4 tahun. Bila tenor lebih dari 4 tahun atau selama 5 tahun, Garda Otoo akan memberikan gratis asuransi kendaraan TLO selama satu tahun.

2 thoughts on “Datang ke GIIAS 2018, Yuk Kenali 10 Istilah Asuransi Kendaraan Berikut Ini!

  1. jeff says:

    Hi, unfortunately, I faced challenges with the slow loading speed of your website, leading to frustration. I recommend a service, linked below, that I’ve used personally to significantly improve my website speed. I really love your website…Optimize now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *