5 Prioritas Yang Wajib Diutamakan Keluarga Muda

Prioritas Utama Keluarga Muda

Salah satu cara merencanakan keuangan bagi keluarga muda adalah menyatukan skala prioritas. Banyak keluarga muda yang masih bingung apa saja sebenarnya prioritas perencanaan yang harus dibuat sejak dini. Kondisi setelah menikah tentu saja berbeda saat kamu masih single. Beberapa keluarga mungkin memiliki sumber penghasilan dua orang dalam satu keluarga, sebagiannya lagi bergantung kepada kepala keluarga yaitu suami.

Lalu sebagai prioritas awal apakah yang harus dimiliki? Langkah awal ini bisa jadi rencana finansial yang matang untuk kamu dan keluarga. Keuntungannya bila direncanakan sejak awal kamu dan pasangan #JadiBisa pensiun dini tanpa perlu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Lima poin berikut ini bisa jadi panduan untuk kamu dan keluarga dalam menentukan prioritas keluarga:

Rumah

Rumah adalah prioritas pertama yang harus kamu pertimbangkan. Harga rumah kian meroket setiap tahunnya. Pertimbangan untuk tinggal bersama orang tua atau mertua memang bisa jadi pilihan, tapi apa akan selamanya kamu menumpang?

Sebaiknya jika belum memiliki rumah sendiri kamu dan pasangan harus benar-benar hemat. Sambil mengumpulkan dana sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial keluarga, kamu bisa kos, mengontrak rumah, atau menyewa apartemen. Jadi saat dana terkumpul kamu bisa membeli rumah dengan program KPR.

BACA JUGA: Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga

Kendaraan

Membeli kendaraan seperti mobil misalnya bisa membantu kamu dan keluarga untuk menghemat pengeluaran. Terlebih bila mobilitas pekerjaan kamu dan pasangan begitu tinggi. Sebagai sarana transportasi keluarga, mobil juga bisa kamu pakai untuk kebutuhan harian, mengantar anak-anak sekolah nantinya, hingga mengajak seluruh anggota keluarga untuk jalan-jalan. Sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu bila ingin membeli mobil.

Biar semakin mudah dan bisa dapat banyak promo menarik, kamu bisa membeli kendaraan saat pameran. Dalam waktu dekat, 2-12 Agustus 2018, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bakal dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Jangan sampai ketinggalan untuk hadir.

Beli mobil #JadiMudah, karena kamu bisa memiliki mobil baru dengan berbagai program menarik dan sistem pembayaran kredit melalui lembaga pembiayaan. Salah satu pilihan lembaga pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia adalah TAF brand dari PT Toyota Astra Financial Services. Dengan TAF, kamu bisa memperoleh penawaran pembiayaan mobil khusus brandToyota, Daihatsu, dan Lexus.

BACA JUGA: Trik Gaji Kecil Tapi Bisa Liburan Terus!

Tabungan Pendidikan Anak

Cara termudah yang bisa kamu dan pasangan persiapkan untuk mengumpulkan tabungan pendidikan anak adalah dengan memiliki asuransi untuk tabungan pendidikan. Biaya sekolah dan kebutuhan pendidikan anak tidak murah. Tapi ada cara mudah dan tentunya murah untuk kamu.

Kamu harus punya paket asuransi Siap RencanaKu merupakan produk asuransi ASLI Pelita Proteksi Rencana yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus dengan manfaat tahapan tunai yang cocok untuk kamu yang ingin menyiapkan rencana keuangan jangka panjang. Paket ini untuk kategori ibu dan anak, gaya hidup urban, dan pensiun bahagia. Paket asuransi Siap RencanaKu ini begitu terjangkau untuk kamu dan keluarga mulai dari Rp100.000,00.

Keunggulannya, pertama nilai manfaat tahapan tunai setiap 3 tahun yang diperoleh, PASTI! Kedua, pembayaran premi hanya perlu dilakukan sampai Tertanggung mencapai usia 55 tahun, namun perlindungan terus aktif sampai usia 70 tahun!

Selain dua keunggulan itu, kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari produk Ini di antaranya:

  1. Manfaat Meninggal Dunia akibat Penyakit atau sebab Alami, sebesar 100 persen Premi yang sudah dibayarkan apabila Meninggal Dunia di dua tahun pertama sejak polis asuransi aktif.
  2. Manfaat Meninggal Dunia akibat Penyakit atau sebab Alami, sebesar 100 persen Uang Pertanggungan (UP) apabila Meninggal Dunia setelah polis asuransi aktif lebih dari dua tahun.
  3. Manfaat Meninggal Dunia akibat Kecelakaan, sebesar 200 persen Uang Pertanggungan (UP) yang langsung berlaku sejak polis aktif.
  4. Manfaat Tahapan Tunai, sebesar 5 persen dari Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh setiap 3 tahun sejak pembelian polis sampai usia 70 tahun.
  5. Manfaat Akhir Kontrak yang menjamin Uang Pertanggungan (UP) akan diberikan kepada Pemegang Polis saat mencapai usia 70 tahun, selama polis masih aktif.

Asuransi

Kamu dan pasangan sudah bekerja keras dan mengumpulkan tabungan, namun bisa jadi salah satu dari Anda ada yang mendadak jatuh sakit dan memerlukan perawatan medis atau rawat inap. Sayang sekali bila tabungan yang sudah lama dikumpulkan habis hanya untuk biaya perawtan. Di saat inilah asuransi seperti asuransi kesehatan akan sangat membantu kamu.

Dengan memiliki asuransi kesehatan tentunya jika terserang penyakit tersebut kamu memiliki jaminan dari polis asuransi yang dimiliki sehingga pihak keluarga tidak sampai collapse secara finansial.

Dana Pensiun

Mulai dari sekarang rencanakanlah hari tua yang lebih baik dengan mempersiapkan dana pensiun. Kamu bisa ikut reksa dana, menabung emas, atau menaruh modal pada suatu bisnis yang bisa menguntungkan. Memiliki itu semua bisa menjadi profitable untuk kamu ketika pensiun.

Kini kamu dan pasangan sudah tahu apa saja prioritas yang harus miliki oleh kelaurga muda. Mulailah mengumpulkan semua prioritas itu sedini mungkin diatur dengan kemampuan finansial keluarga. Miliki Siap RencanaKu untuk tabungan pendidikan anak, cek semua informasi lengkap Siap RencanaKu sekarang juga!